Sport
Rabu, 6 April 2016 - 22:25 WIB

PANAMA PAPERS : Disebut Hindari Pajak Lewat Perusahaan Panama, Messi Tak Terima

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lionel Messi (Twitter/Barcelona)

Panam Papers menyebut pesepakbola Lionel Messi terlibat.

Solopos.com, BARCELONA – Panama Papers menghebohkan publik baru-baru ini. Itu merupakan dokumen yang menyebut terdapat penyelewengan pajak oleh orang-orang ternama. Pesepakbola Lionel Messi pun ikut dikaitkan.

Advertisement

Bocoran Panama Papers itu mengenai adanya penyelewengan pajak oleh sejumlah nama tenar dengan menggandeng perusahaan offshore. Perusahaan offshore sendiri merupakan perusahaan yang didirikan di negara-negara yang menjadi tax heaven atau tidak menarik pajak.

Data yang terdiri atas 11,5 juta lembar dokumen itu menunjukkan bagaimana kantor-kantor pengacara dan perusahaan perbankan internasional menjual jasa penyembunyian keuangan kepada para politikus, penipu keuangan dan pengedar narkoba, termasuk kepada para orang kaya kelas dunia, selebrita dan bintang olahraga.

Dokumen yang berasal dari biro hukum Mossack Fonseca di Panama ini dibocorkan oleh sumber yang dirahasiakan dan lantas digarap bareng oleh lembaga jurnalisme investigatif International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ), koran Jerman Süddeutsche Zeitung, serta lebih dari 100 lembaga media lainnya, dan mulai dipublikasikan pada Senin (4/4/2016).

Advertisement

Messi sendiri disebut telah menggunakan perusahaan Panama bernama Mega Star Enterprises untuk menghindari pajak. Dimunculkan pula dokumen yang berisikan tandatangan Messi dan ayahnya, Jorge, saat mengambil alih Mega Star.

Tapi, Messi membantah hal itu melalui perwakilan hukumnya. Pemain yang menjadi pesepakbola terbaik sejagad pada 2015 itu telah mengambil langkah hukum untuk mengurusi masalah tersebut.

“Sebagai respons atas kabar yang disiarkan sejumlah media, dengan Lionel Messi disebut membentuk sebuah perusahaan dengan tujuan membangun sebuah jejaring penyelewangan pajak, keluarga Messi ingin menegaskan bahwa Lionel Messi tidak pernah melakukan apa yang dituduhkan kepadanya,” sebut keterangan perwakilan hukum Messi seperti dikutip dari Detik.com, Rabu (6/4/2016).

Advertisement

Sementara itu, Barcelona sebagai klub Messi, siap membantu pemainnya itu. “Sejak kali pertama rilisnya ‘Panama Papers’ yang menuding Messi, FC Barcelona sudah mengirim dukungan kepada pemain dan keluarganya. Klub siap membantu keluarga Messi dalam aspek administratif, fiskal, dan yudisial untuk membuat tindakan dan namanya tetap bersih dalam kasus ini,” demikian pernyataan resmi Barca.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif