ilustrasi (JIBI/dok)
Rabu, 6 April 2016 12:45 WIB JIBI/Solopos/Antara Internasional Share :

NASIB TKI
Duh, 200 TKI Ilegal Meninggal Setiap Tahun di Sarawak

Nasib TKI di Sarawak memprihatinkan karena berdasarkan data sedikitnya 200 TKI ilegal meninggal dunia.

Solopos.com, KUCHING – Sedikitnya 200 tenaga kerja Indonesia meninggal dunia di Sarawak, Malaysia, yang didominasi oleh pekerja ilegal.

“Kebanyakan yang meninggal pekerja ilegal, sekitar 80 persen. Mereka banyak meninggal akibat kecelakaan kerja,” kata Konsul Jenderal Indonesia di Kuching, Jahar Gultom di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, Sarawak, Selasa (5/4/2016) malam.

Jahar mengatakan, para pekerja ilegal tidak mendapatkan pelatihan keselamatan kerja sehingga rawan mengalami kecelakaan. Berbeda dari tenaga kerja legal yang telah dibekali berbagai pelatihan.

“Mereka tidak dilatih mengenai keselamatan kerja sehingga tidak percaya diri saat bekerja. Contohnya pekerja tidak terlatih menggunakan alat berat tetapi disuruh mengoperasikannya, sehingga terjadi kecelakaan,” ungkapnya.

Secara keseluruhan, saat ini terdapat sekitar 250.000 tenaga kerja ilegal di Sarawak, sementara pekerja legal berjumlah lebih sedikit yaitu 141.804 orang.

“Kalau datang secara legal, dia sudah diajarkan mengenai situasi kerja dan tidak mau bekerja sembarangan,” tutur Jahar.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….