Kendaraan melintas di jalan yang memisahkan Gunung Pegat di Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri, Minggu (4/4/2016). (JIBI/Solopos/Rudi Hartono) Kendaraan melintas di jalan yang memisahkan Gunung Pegat di Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri, Minggu (4/4/2016). (JIBI/Solopos/Rudi Hartono)
Rabu, 6 April 2016 20:15 WIB Rudi Hartono/JIBI/Solopos Wonogiri Share :

MISTERI WONOGIRI
Kisah Mahluk Halus Gunung Pegat

Misteri Wonogiri mengenai Gunung Pegat tak hanya sampai

Cerita mistis Gunung Pegat di Kecamatan Nguntoronadi, Wonogiri tak hanya soal mitos pasangan suami istri (pasutri) yang baru berusia 35 hari dilarang melewati jalan itu.

Mitos yang berkembang, pasutri usia 35 hari jika melewati Gunung Pegat akan berakhir pernikahannya. Warga Kecamatan Wonogiri yang sebelumnya bertempat tinggal di Baturetno, Priyo, saat ditemui Solopos.com di kawasan kota Wonogiri, Minggu (4/4/2016), mengaku saat menikah menuruti permintaan orang tua agar dia dan istrinya tak melewati Gunung Pegat.

Warga Tirtomoyo yang tinggal di Sukoharjo, Herman, 27, mengaku saat masih menjadi pengantin baru memilih melewati jalur di Desa Jendi, Nguntoronadi untuk menghindari Gunung Pegat. Dia hanya menuruti amanat orang tua yang sebelumnya memintanya menghindari Gunung Pegat.

Kisah mistis Wonogiri kali ini berkaitan dengan keberadaan mahluk halus.

Saat melintas di Gunung Pegat pada dini hari teman Priyo kepadanya mengatakan pernah dimintai tumpangan seseorang. Orang itu minta turun di dekat kuburan tepi jalan. Setelah itu dia menghilang.

“Tapi ada cerita yang benar-benar terjadi. Di Gunung Pegat beberapa kali terjadi pembegalan, terutama saat malam hari. Ada juga orang yang bunuh diri di gunung itu,” imbuh dia.

Terlepas dari semua itu berada di tepi jalan dekat Gunung Pegat memberi kesan tersendiri. Siang itu Solopos.com bisa melihat pegunungan mengitari Wonogiri bagian barat yang di tengahnya tampak Waduk Gajah Mungkur. Gugus pemandangan itu seolah berada di mangkuk raksasa.

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…