Teknologi
Rabu, 6 April 2016 - 06:00 WIB

MEDIA SOSIAL TERPOPULER : Korea Utara Blokir Twitter dan Facebook

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan Internet di Korea Utara (Chipchick.com)

Media sosial terpopuler Twitter dan Facebook diblokir di Korea Utara.

Solopos.com, PYONGYANG — Media sosial terpopuler Facebook dan Twitter semakin berjaya. Tapi di Korea Utara, Facebook dan Twitter resmi diblokir.

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari ABC News, Senin (4/4/2016), negeri yang memang dikenal tertutup dari dunia luar ini membatasi akses Internet bagi sebagian besar warganya. Terbatasnya akses Internet, membuat media sosial terpopuler seperti Facebook dan Twitter juga tak bisa digunakan.

Saat ini ada sekitar 2 juta pengguna ponsel di Korea Utara, namun akses Internet hanya untuk kalangan tertentu, seperti pejabat pemerintahan, mereka yang punya jabatan tinggi, dan para pengunjung dari luar Korea Utara.

Dengan adanya pembatasan baru ini, akan semakin membuat Korea Utara tertutup. Mereka yang berkunjung ke sana sulit berbagi foto atau informasi mengenai apa yang terjadi di negara tersebut.

Advertisement

Apalagi, Koryolink, sebagai satu-satunya operator telekomunikasi di Korea Utara, sepertinya juga harus tunduk aturan. Jejaring sosial seperti Instagram tak bisa diakses melalui jaringan tersebut. Koryolink sebelumnya memungkinkan akses Internet mobile bagi warga asing pada 2013.

Laporan lain menyebutkan Korea Utara juga berencana memblokir akses video streaming Youtube, sejumlah situs dewasa dan situs perjudian. Padahal Facebook, Twitter dan Youtube merupakan media sosial terpopuler yang digandrungi masyarakat dunia.

Ancaman lain mengintai, bagi siapa saja yang berusaha mengakses situs-situs yang diblokir menggunakan jalan pintas dan mereka yang membagi informasi bernada antipemerintahan akan dikenai sanksi serius. Namun tidak dijelaskan hukuman yang akan diberlakukan pemerintah setempat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif