Cortana for Android (www.engadget.com) Cortana for Android (www.engadget.com)
Rabu, 6 April 2016 14:15 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com Internet Share :

APLIKASI TERBARU
Ingin Kalahkan Google, Microsoft Andalkan Cortana

Aplikasi terbaru Cortana menjadi andalan Microsoft untuk mengalahkan Google.

Solopos.com, SOLO — Raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft, sepertinya tak rela konsumennya pindah ke pesaingnya yang juga bermarkas di Amerika Serikat, Google. Microsoft kini menyiapkan Cortana yang akan menjadi pesaing Chrome.

Sebagaimana dikutip dari Engadget, Rabu (6/4/2016), Microsoft ingin aplikasi terbaru Cortana tersebar di semua platform, tidak hanya Windows 10 saja. Raksasa teknologi tersebut ingin Cortana mendominasi di IOS dan Android.

Pangsa pasar Internet Explorer yang semakin menurun dan pindah ke Chrome membuat Microsoft mencari cara agar masyarakat tidak eksodus pindah ke layanan mesin pencari milik Google itu.

Aplikasi terbaru Microsoft berbasis virtual Cortana sudah bisa diunduh gratis di Goole Play Store dan App Store. Cortana sebelumnya dihadirkan di operating system (OS) Windows 10. Setelah sukses di Windows 10, Microsoft lalu membagikan Cortana di platform lain seperti IOS dan Android.

Setelah meluncurkan aplikasi Microsoft Cortana secara gratis, perusahaan asal Amerika Serikat itu ingin meluncurkan secara gratis beberapa aplikasinya seperti OneDrive dan Office Suite yang berisi fitur Word, Excel, PowerPoint dan OneNote.

Tindakan Microsoft itu cukup strategis, untuk sementara aplikasi Microsoft Cortana di platform IOS dan Android hanya bisa diunduh pengguna asal Amerika Serikat dan Tiongkok. Tapi jangan khawatir, nantinya Cortana bisa dinikmati oleh pengguna di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Pihak Microsoft memang bekerja keras dalam peluncuran aplikasi virtual bukan hanya untuk platform IOS dan tapi juga untuk pengguna Android. Microsoft ingin memberikan kenyaman kepada pengguna agar mendapat pengalaman baru dalam teknologi.

Sebelumnya aplikasi Microsoft Cortana versi beta yang meluncur di IOS tak memiliki fitur lengkap seperti di Android atau bahkan Windows Phone. Hal itu karena sistem operasi IOS dibuat lebih tertutup agar privasi pengguna terjaga.

Aplikasi Microsoft Cortana vesi beta di IOS  memang tak memiliki fitur hands-free. Hal itu membuat Cortana masih kalah dari Siri besutan Apple meski memiliki fungsi sama. Sebelumnya Microsoft meluncurkan versi beta dari Cortana untuk perangkat Android. Aplikasi ini telah tersedia di Play Store Android.

Untuk mengunduh file APK Cortana berurukn 19,1 MB tersebut, pengguna harus terlebih dahulu mengaktifkan pengaturan Unknown sources di Settings lantas Security.

Mengaktifkan fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak diketahui. Kita tunggu saja apakah aplikasi terbaru Cortanan mampu menggusur dominasi Google, tapi sepertinya langkah Microsoft itu membutuhkan waktu bertahun-tahun.

lowongan pekerjaan
PT. SUMBER JAYA BAN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Ayo Sowan Simbah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (14/9/2017). Esai ini karya Joko Setiyono, pustakawan di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah jjoko@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Banyak orang tidak tahu 14 September bagi bangsa Indonesia merupakan Hari Kunjung Perpustakaan….