Whatsapp (Forbes) Whatsapp (Forbes)
Rabu, 6 April 2016 22:40 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com/Detik Internet Share :

APLIKASI SMARTPHONE
Whatsapp Kini Sulit Disadap

Aplikasi smartphone Whatsapp versi baru akan sulit disadap atau dibobol.

Solopos.com, SOLO — Aplikasi smartphone Whatsapp kini semakin aman. Pasalnya, aplikasi yang dimiliki Facebook itu baru saja menambahkan fitur enkripsi untuk membentengi layanan pesan dan panggilan suaranya.

Bos Whatsapp, Jan Koum dan Brian Acton, mengatakan pihaknya selalu memperioritaskan keamanan data dan komunikasi pengguna. Karena itu mulai sekarang, ketika pengguna dan lawan bicara berkomunikasi menggunakan aplikasi smartphone Whatapp versi terbaru, semua data terjaga.

“Setiap panggilan, pesan, foto, video, file yang dikirimkan secara default terenkripsi, termasuk dalam group,” ujar jan dan Brian seperti dikutip dari blog resmi Whatsapp, Rabu (6/4/2016).

Jadi intinya, ketika kita mengirimkan sebuah pesan hanya orang yang dituju atau grup chat yang dapat membaca pesan yang dikirimkan. Selain dari itu, tidak ada yang dapat menyadap atau membacanya.

“Tidak dapat dibaca siapa saja, baik itu para penjahat siber, hacker, rezim penindas dan bahkan pihak kami sendiri. Enkripsi end-to-end membantu komunikasi pengguna lebih privat, seperti bicara tatap muka,” tambah petinggi aplikasi smartphone Whatsapp itu.

Dua pendiri aplikasi smartphone Whatsapp itu turut mengungkap alasan dibalik dihadirkannya fitur enkripsi di layanannya. Mereka melihat kalau dewasa ini, dunia telah dipenuhi data digital dan setiap harinya kita kerap mendengar cerita tentang pencurian data digital.

Maka, bila tidak dilakukan tindakan preventif, rentetan informasi dan komunikasi digital banyak orang bakal mudah dibobol di masa mendatang. Untungnya adanya teknologi enkripsi end-to-end efektif melindungi kerentanan tersebut.

“Saat ini lebih dari 1 miliar orang yang menggunakan aplikasi smartphone Whatsapp agar dapat terhubung terhubung dengan teman dan keluarga mereka. Kini, setiap pengguna dapat berbicara dengan bebas dan aman di Whatsapp,” pungkas Jan dan Brian.

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…