News
Selasa, 5 April 2016 - 01:30 WIB

UJIAN NASIONAL 2016 : Pesan Pimpinan KPK: Panggil Nama Tuhan Kalau Lupa Jawaban

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

Ujian Nasional 2016 untuk jenjang SMA dan sederajatnya digelar hari ini, Senin (4/4/2016).

Solopos.com, JAKARTA — Salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), memberi pesan dan menyimpan harapan kepada peserta Ujian Nasional 2016. Seperti apakah pesan dan harapan Saut?

Advertisement

Tepat hari ini, Senin (4/4/2016), Ujian Nasional untuk para siswa jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sederajatnya dimulai. Menurut jadwal, UN untuk SMA dan sederajatnya ini akan selesai pada Kamis (7/4/2016) mendatang.

Sehubungan dengan digelarnya UN 2016 ini, Saut memberi pesan kepada para peserta tes untuk senantiasa berdoa, mengingat Tuhan, dan belajar semaksimal mungkin, agar mendapatkan hasil terbaik.

“Wah senangnya ujian SMA, lulus SMA akan kuliah di PTN atau PTS sama saja yang utama belajar keras. Pesan saya agar mengikuti ujian dengan semampu masing-masing. Jadilah kebanggaan hidup kita ini dengan kerja keras dalam menghadapi ujian,” ujar Saut dalam pesan singkat yang diterima Detik, Minggu (3/4/2016) malam.

Advertisement

“Sebab, apapun hasil yang diperoleh yang utama adalah kerja keras. Mulailah dengan doa,” sambung Saut mengingatkan.

Saut juga mengimbau para peserta UN agar mulai menata cita-cita ingin menjadi apa selepas sekolah nanti. “Sejak hari ujian besok mulai memikirkan akan jadi apa saya empat sampai lima tahun mendatang. Ujian SMA hanya satu hari, dia tidak akan menggagalkan kita mau jadi apa kita 4 sampai 5 tahun mendatang selulus kuliah,” katanya.

Saut, mantan Staf Ahli Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut menyelipkan harapan, ada peserta UN tahun ini yang menjadi pimpinan KPK kelak. Dan sekali lagi, Saut menyampaikan pesannya agar para peserta UN mengingat nama Tuhan, terlebih ketika menemui pertanyaan yang sulit.

Advertisement

“Harapan saya yang lulus SMA tahun ini ada yang menjadi pimpinan KPK beberapa tahun mendatang. Selamat ujian, jangan lupa berdoa dan memanggil nama Tuhan kalau ada jawaban yang lupa atau sulit. Salam buat anak-anak Indonesia dari Aceh sampai Papua,” pungkas Saut.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menekankan peserta UN harus jujur dalam mengerjakan soal ujian.

Anak2ku, selamat menempuh Ujian Nasional. Jangan lupa berdoa, konsentrasi & berani jujur –Jkw,” tulis Jokowi melalui akun Twitter-nya, @jokowi.

“Selamat mengikuti Ujian Nasional utk siswa/i. Yang terpenting adlh menyelesaikan dgn kejujuran. Persiapkan diri dgn baik. Selamat berjuang!” tulis ?Ahok via akunnya, @basuki_btp.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif