Jatim
Selasa, 5 April 2016 - 01:05 WIB

UJIAN NASIONAL 2016 : Komputer Alami Gangguan, Peserta UN di Magetan Panik

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

Ujian Nasional 2016 dilaksanakan pekan ini untuk level SMA sederajat.

Madiunpos.com, MAGETAN – Hari pertama Ujian Nasional (UN) 2016 untuk SMA/sederajat di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Senin (4/4/2016), terkendala adanya sejumlah komputer yang mengalami error. Namun persoalan itu berhasil ditangani oleh pihak sekolah.

Advertisement

Komputer bermasalah tersebut dialami oleh sebagian siswa SMK Negeri 1 Magetan saat mengerjakan soal UNBK hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

“Tadi sempat bermasalah saat ujian. Sempat panik juga, namun alhamdulillah dapat segera diatasi oleh pihak sekolah,” ujar salah seorang siswa SMK Negeri 1 Magetan, Viananda Putri, Senin.

Ia bersyukur sekolah segera bertindak saat mengetahui sejumlah komputer yang digunakan siswa error. Sehingga, pelaksanaan UNBK hari pertama dapat berjalan lancar.

Advertisement

Kepala SMK Negeri 1 Magetan, Budiono, mengatakan, pihaknya telah menyediakan komputer cadangan guna mengantisipasi kendala yang terjadi saat pelaksaaan UNBK.

“Sehingga saat tadi ada sejumlah siswa yang komputernya error bisa langsung diperbaiki dan digunakan kembali,” kata dia yang enggan menjelaskan permasalahan komputer yang dihadapi.

Pihaknya berharap agar pelaksanaan UNBK hingga hari terakhir jadwal ujian mendatang dapat berjalan lancar tanpa gangguan yang berarti. Ia juga meminta siswanya untuk mengerjalan soal dengan baik dan teliti, serta tidak memercayai kunci jawaban palsu yang banyak beredar melalui pesan singkat berantai.

Advertisement

Data Dinas Pendidikan Magetan mencatat, Ujian Nasonal tahun 2016 tingkat SMA dan sederajat di Magetan diikuti sekitar 7.336 siswa. Dari jumlah tersebut, terdapat sekolah yang menggelar UNBK dan ada juga sebagian yang masih melalukan ujian nasional secara manual atau paper based test (PBT).

Secara umum, pelaksanaan ujian nasional di Magetan pada hari pertama berjalan lancar, baik untuk UNBK maupun yang manual.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif