Otomotif
Selasa, 5 April 2016 - 12:30 WIB

TIPS OTOMOTIF: Bawa Mobil buat Perjalanan Jauh? Perhatikan 2 Bagian Ini

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Touring mobil Datsun Risers Expedition. (Detik.com)

Tips otomotif kali ini tentang persiapan mobil untuk perjalanan jauh.

Solopos.com, JAKARTA – Berbeda dari mobil untuk penggunaan jarak dekat sehari-hari, mobil untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik maupun touring memerlukan sejumlah perhatian khusus. Mau tahu apa saja? Simak tips otomotif berikut ini.

Advertisement

Dalam tips otomotif yang dibagikan Teknisi Nissan-Datsun Indonesia, Dwi Padanu dijelaskan hal pertama yang harus diperhatikan jika mobil hendak dibawa untuk perjalanan jauh adalah ulir ban dan tekanan angin.

”Yang harus dijaga itu kondisi ban, alurnya masih tebal atau tipis. Kalau sudah tipis, jangan dipakai untuk perjalanan jauh,” ungkap Padanu seperti dilansir laman Detik, Senin (4/4/2016).

Selain itu tekanan angin ban sebaiknya disesuaikan sesuai anjuran pabrikan dan jumlah penumpang atau bobot barang bawaan.

Advertisement

Tips kedua, perhatikan sejumlah bagian di bawah kap mesin, yakni kipas radiator, air radiator, dan oli. Tidak hanya sebelum berangkat, tiga hal itu wajib dicek juga ketika di beristirahat di tengah perjalanan maupun setelah perjalanan selesai.

”Setelah perjalanan cek kembali kondisi oli apakah berkurang? Apa kipas radiator tetap bekerja? Karena itu merupakan alat-alat vital di mobil, itu jantungnya. Kondisi ban juga dicek ulang, takutnya ada paku atau kempes,” imbuhnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif