Touring mobil Datsun Risers Expedition. (Detik.com) Touring mobil Datsun Risers Expedition. (Detik.com)
Selasa, 5 April 2016 12:30 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Tips Share :

TIPS OTOMOTIF
Bawa Mobil buat Perjalanan Jauh? Perhatikan 2 Bagian Ini

Tips otomotif kali ini tentang persiapan mobil untuk perjalanan jauh.

Solopos.com, JAKARTA – Berbeda dari mobil untuk penggunaan jarak dekat sehari-hari, mobil untuk perjalanan jarak jauh seperti mudik maupun touring memerlukan sejumlah perhatian khusus. Mau tahu apa saja? Simak tips otomotif berikut ini.

Dalam tips otomotif yang dibagikan Teknisi Nissan-Datsun Indonesia, Dwi Padanu dijelaskan hal pertama yang harus diperhatikan jika mobil hendak dibawa untuk perjalanan jauh adalah ulir ban dan tekanan angin.

”Yang harus dijaga itu kondisi ban, alurnya masih tebal atau tipis. Kalau sudah tipis, jangan dipakai untuk perjalanan jauh,” ungkap Padanu seperti dilansir laman Detik, Senin (4/4/2016).

Selain itu tekanan angin ban sebaiknya disesuaikan sesuai anjuran pabrikan dan jumlah penumpang atau bobot barang bawaan.

Tips kedua, perhatikan sejumlah bagian di bawah kap mesin, yakni kipas radiator, air radiator, dan oli. Tidak hanya sebelum berangkat, tiga hal itu wajib dicek juga ketika di beristirahat di tengah perjalanan maupun setelah perjalanan selesai.

”Setelah perjalanan cek kembali kondisi oli apakah berkurang? Apa kipas radiator tetap bekerja? Karena itu merupakan alat-alat vital di mobil, itu jantungnya. Kondisi ban juga dicek ulang, takutnya ada paku atau kempes,” imbuhnya.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Sekolah Pagesangan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Minggu pagi (17/9) lalu Rumah Banjarsari di kawasan Monumen ’45 Banjarsari, Kota…