Salah seorang bayi sedang melakukan perawatan di Kezeea Dunia Kecilku Jogja, Kamis (25/3/2015) (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamied Razak) Salah seorang bayi sedang melakukan perawatan di Kezeea Dunia Kecilku Jogja, Kamis (25/3/2015) (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)
Selasa, 5 April 2016 23:55 WIB Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

TIPS KESEHATAN
Jangan Pijat Bayi Saat Ia Sakit

Tips kesehatan berikut untuk balita.

Solopos.com, SLEMAN-Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Anak Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) Ade Febrina pada Selasa (5/4/2016) menyarankan agar orang tua memijat bayi ketika bayi dalam kondisi sehat bukan pada saat ia sedang sakit.

Usai pelatihan memijat bayi di RSA UGM, ia menjelaskan, pada dasarnya pijat bayi diperuntukkan bagi bayi yang sehat. Selain itu,  meskipun memijat bayi memberikan sejumlah manfaat, ada beberapa masukkan yang ia berikan sebelum memijat bayi. Yaitu jangan memijat bayi saat ia sedang lapar atau haus, karena nantinya saat dipijat ia akan menangis dan menelan banyak udara, yang mengakibatkan ia kembung usai dipijat. Jangan memijat bayi ketika ia sedang baru saja minum atau kekenyangan, karena dapat menyebabkan bayi akan muntah.

“Jangan bayi sedang tidur dibangunkan untuk dipijat, karena ketika ia sedang nyaman tidur dan dibangunkan untuk dipijat, ia akan menangis saat dipijat, dan justru mengalami trauma,” tuturnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pula sebelum memijat bayi, pastikan bayi tidak rewel saat malam sebelum dipijat, apabila bayi sedang sakit lebih baik memeriksakan bayi ke dokter dan menunggunya sembuh sebelum dipijat.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.MICROVISION INDONESIA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…