Ilustrasi internet (illustratiction.fr) Ilustrasi (illustratiction.fr)
Selasa, 5 April 2016 19:25 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com/Liputan6 Internet Share :

TIPS INTERNET
Inilah 4 Langkah Amankan Data Versi Edward Snowden

Tips Internet kali ini tentang mengamankan data versi Edward Snowden.

Solopos.com, SOLO — Saat ini isu keamanan data dan privasi di Internet menjadi salah satu perhatian banyak orang. Tips Internet kali ini akan mencoba mengulas tentang cara mengamankan data di dunia maya.

Selain masalah keamanan data pribadi yang dapat disalahgunakan, berdasarkan bocoran informasi dari Edward Snowden, ternyata pemerintah juga terlibat dalam pelanggaran data privasi pengguna di Internet.

Mantan agen National Security Agency (NSA) itu sempat membocorkan data menyangkut pelanggaran di instansi tempatnya dulu bernaung. Tindakan tersebut membuat pria yang kini tinggal di Rusia itu menjadi buronan Amerika Serikat karena dianggap telah membocorkan program rahasia pemerintah.

Untuk itu, dalam sebuah kesempatan wawancara dengan The Intercept tahun lalu, Snowden membeberkan beberapa cara cepat dan mudah bagi pengguna Internet untuk mengamankan datanya.

Berikut ini cara mudah dan cepat untuk mengamankan data di Internet berdasarkan penuturan Snowden, sebagaimana dikutip dari Business Insider, Selasa (5/4/2016).

1. Melindungi Arus Komunikasi

Sebagai langkah awal, Snowden sangat menganjurkan pengguna smartphone untukmengenkripsi panggilan suara dan teks. Untuk memudahkan, Snowden menyarankan penggunaan aplikasi seperti Signal, yang sudah diakui para ahli keamanan komputer.

2. Mengunci Hard Drive

Data yang belum dienkripsi memungkinkan seseorang dengan kemampuan komputer tingkat dasar dapat membongkar informasi dari perangkat Anda. Untuk itu, sama halnya ketika menggunakan smartphone, komputer juga harus dienkripsi. Terlebih saat ini setiap sistem operasi sudah memiliki fitur enkripsi.

3. Menggunakan Password Berbeda

Salah satu celah keamanan paling tinggi ketika beraktivitas online adalah password yang sama untuk beberapa situs web. Ketika seseorang berhasil membongkar password sebuah akun, kemungkinan besar akun lain dapat diketahui.

Oleh sebab itu, Snowden menyarankan pengguna menggunakan password manager untuk membuat password unik dan aman untuk setiap situs, namun tetap mudah diingat.

4. Mengaktifkan Fitur Two-Factor

Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna tak sekadar memakai password untuk masuk ke sebuah situs web. Pengguna harus pula memasukkan kode tertentu yang akan akan dikirimkan melalui SMS atau email untuk memastikan identitasnya.

Karena itu, Snowden menyarankan pengguna Internet mengaktifkan fitur ini untuk semua layanan, seperti Gmail, Facebook, Dropbox, termasuk Apple ID.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.Japantech Indojaya, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…