Nokia A1 (Phonesreview) Nokia A1 (Phonesreview)
Selasa, 5 April 2016 05:10 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com Android Share :

SMARTPHONE TERBARU
Terkuak, Inilah Nokia A1 Berbasis Android

Smartphone terbaru Nokia A1 berbasis Android segera diluncurkan.

Solopos.com, SOLO — Pabrikan ponsel Finlandia, Nokia, berusaha bangkit kembali. Perusahaan yang telah diakuisisi Microsoft itu berniat merilis smartphone terbaru A1 berbasis Android pertama.

Sebagaimana dilaporkan Technobuffalo, Senin (4/4/2016), smartphone terbaru Nokia A1 dibikin dengan ukuran layar 5,5 inci. Nokia sepertinya juga menyematkan layar 2,5D yang membuat ponsel pintar itu akan memiliki sisi yang unik.

Dari bocoran gambar yang beredar di dunia maya, bodi bagian belakang dibikin polos warna hitam tanpa adanya tambahan pernak-pernik. Hal itu membuat pengguna smartphone terbaru Nokia A1 akan merasakan sensasi nyaman saat memegangnya.

Bocoran spesifkasinya masih minim. Bisa jadi smartphone terbaru Nokia A1 diperkuat prosesor Snapdragon 652 buatan Qualcomm. Apabila benar demikian, Nokia sepertinya ingin langsung menyasar pengguna kelas menengah.

Pabrikan ponsel yang berjaya awal 2000-an itu juga akan menyematkan Nokia Z launcher di smartphone terbaru A1. Hal itu bisa dilihat dari tampilan depan layar A1 yang vertikal seperti ponsel pintar-ponsel pintar generasi masa kini.

Sebelumnya Nokia dirumorkan membikin smartphone terbaru Android C1. NokiaC1 kabarnya akan memakai layar 5 inci resolusi 1080p, RAM 2 GB dan prosesor dari Intel. Kemudian sistem operasi yang digunakan kemungkinan Android 6.0 Marshmallow.

Perangkat ini kemungkinan baru meluncur resmi pada pertengahan tahun 2016. Hal itu mengingat divisi ponsel Nokia yang telah diakuisisi Microsoft. Nokia disyaratkan tidak boleh membuat ponsel sendiri selama sekitar dua tahun sejak akuisisi 2014 lalu.

Nokia kemungkinan juga tak sepenuhnya membuat ponsel Android sendiri, tapi bermitra dengan rekanan pabrikan. Mungkin saja mereka akan menggandeng perusahaan Taiwan, Foxconn, atau nama lain. Kita tunggu saja comeback Nokia di bisnis smartphone terbaru tahun ini.

 

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…