Sri Sultan Hamengku Buwono X (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)
Selasa, 5 April 2016 23:20 WIB Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PILKADA 2017
Kerabat Kraton Maju Pilkada, Sultan Tak Akan Beri Restu

Pilkada 2017, sejumlah nama muncul dalam bursa pemilihan di Jogja.

Solopos.com, JOGJA — Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono menegaskan tak akan merestui kerabatnya maju mencalonkan diri sebagai calon walikota Jogja. Dia bahkan mengaku akan turun sendiri untuk menggagalkan pencalonan kerabatnya yang nekat maju sebagai calon walikota.

“Tidak ada saudara yang maju, tidak ada menantu, kalau maju tak turunke dewe, aku (yang) kampanye,” tegas Sultan seusai meninjau Abu Bakar Ali Selasa (5/4/2016).

Sultan beralasan khawatir bila ada kerabat yang maju sebagai  walikota maka akan memengaruhi keadilan bagi masyarakat. Dia pun berikrar selama dirinya masih hidup dia tak akan mengeluarkan restu dan izin kepada kerabatnya yang inginmencalonkan diri sebagai kepala daerah di DIY.

“Tidak ada izin, kalau minta izin tidak akan saya izinkan,” imbuh dia.

Ketegasan Sultan ini muncul setelah beberapa kerabatnya masuk dalam radar partai politik untuk pencalonan Walikota Jogja pada Pilkada 2017. Beberapa nama kerabat sultan yang masuk antara lain rayi dalem GBPH Hadiwinoto dna GBPH Yudhaningrat. Selain itu menantu Sultan, KPH Wironegoro juga akan mencalonkan diri lewat partai Gerindra.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…