News
Selasa, 5 April 2016 - 14:40 WIB

PENGELOLAAN ZAKAT : Kemenang Siapkan Zakat Berbasis IT

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi zakat, infak dan sadakah. (JIBI/Solopos/Dok.)

Pengelolaan zakat, Kementerian Agama menyiapkan sistem pengelolaan zakat berbasis IT.

Solopos.com, JAKARTA–Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyiapkan sistem pengelolaan zakat berbasis IT. Nantinya pengelolaan zakat itu terhubung dengan dai motivator zakat, desa binaan zakat, dan zakat community development Baznas.

Advertisement

Direktur Jenderal Pemberdayaan Zakat Kemenag, Tarmizi Tohor, mengatakan pembangunan sistem pengelolaan zakat yang baik dapat meningkatkan efektivitas upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami sedang merancang beberapa program terkait zakat, agar dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Tarmizi menuturkan Pemerintah memerlukan regulasi, penguatan kelembagaan, dan mekanisme audit syariah, serta pengawasan untuk menciptakan tata kelola zakat yang lebih baik. Selain itu, kesadaran masyarakat terkait zakat juga harus terus ditingkatkan, agar zakat dapat lebih masif dalam memperbaiki kehidupan masyarakat.

Advertisement

Menurutnya, keuntungan sebagai negara muslim terbesar di dunia seharusnya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pengelolaan zakat, infak, wakaf, dan sadaqah yang baik.

“Kementerian Agama sedang menyelesaikan Peraturan Menteri Agama tentang organisasi dan tata kerja Sekretariat Baznas, agar pengelolaan zakat berjalan lebih baik,” ujarnya.

Saat ini, sudah ada UU No. 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, dan PP No. 14/2014 sebagai petunjuk pelaksanaannya.

Advertisement

Untuk mendukung inovasi pengelolaan zakat, Kementerian Agama juga telah menerbitkan Peraturan Menteri Agama No. 52/2014 tentang Syarat dan Tata Cara Perhitungan Zakat Produktif, serta Peraturan Menteri Agama No. 5/2016 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif dalam pengelolaan zakat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif