Ilustrasi skandal Panama Papers. (Istimewa)
Selasa, 5 April 2016 21:33 WIB Kurniawan A. Wicaksono/JIBI/Bisnis Internasional Share :

PANAMA PAPERS
Ini Bantahan Garibaldi Thohir Pakai Jasa Mossack Fonseca

Panama Papers menyebut deretan taipan Indonesia memakai jasa Mossack Fonseca. Salah satunya Garibaldi Thohir.

Solopos.com, JAKARTA — Satu persatu taipan Indonesia membantah terkait firma Mossack Fonseca. Garibaldi Thohir Presiden Direktur Adaro Energy yang namanya juga masuk di dalam dokumen tersebut mengatakan kondisi ini wajar karena dia memang memakai special purpose vehicle (SPV) luar negeri.

“Saya rasa itu biasa ya, bagi yang declare, misalnya punya punya perusahaan DC United sama Pak Eric, ya saya pake SPV luar negeri. Jadi otomatis pasti ada nama saya. Saya beli apartemen saya di Singapura misalnya, saya declare, nama saya ya pasti ada, enggak masalah,” jelasnya, Selasa (5/4/2016).

Menurutnya, tidak ada motif penghindaran pajak karena pihaknya sudah mendeklarasikan dan sepenuhnya untuk mengikuti aturan yuridis yang ada. Yang menjadi masalah, menurutnya, jika seseorang atau perusahaan tidak terbuka.

Ketika ditanya tentang Mossack Fonseca & Co., dia mengaku tidak mengaku tidak tahu bahkan belum pernah mendengar sebelumnya. Untuk transparansi, Garibaldi menyatakan tidak ada masalah jika ada pembukaan data lebih lanjut.

Panama Papers merupakan jutaan dokumen mengenai individu dan entitas bisnis yang memanfaatkan perusahaan offshore untuk menghindari pajak dan melakukan pencucian uang. Adapun, firma hukum yang terlibat yakni Mossack Fonseca.

Dalam Panama Papers terungkap 11,5 juta rekaman yang merentang hingga 40 tahun lamanya, melibatkan 214.000 entitas offshore, 500 bank berskala internasional, serta individu dan perusahaan di 200 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…