News
Selasa, 5 April 2016 - 21:33 WIB

PANAMA PAPERS : Ini Bantahan Garibaldi Thohir Pakai Jasa Mossack Fonseca

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi skandal Panama Papers. (Istimewa)

Panama Papers menyebut deretan taipan Indonesia memakai jasa Mossack Fonseca. Salah satunya Garibaldi Thohir.

Solopos.com, JAKARTA — Satu persatu taipan Indonesia membantah terkait firma Mossack Fonseca. Garibaldi Thohir Presiden Direktur Adaro Energy yang namanya juga masuk di dalam dokumen tersebut mengatakan kondisi ini wajar karena dia memang memakai special purpose vehicle (SPV) luar negeri.

Advertisement

“Saya rasa itu biasa ya, bagi yang declare, misalnya punya punya perusahaan DC United sama Pak Eric, ya saya pake SPV luar negeri. Jadi otomatis pasti ada nama saya. Saya beli apartemen saya di Singapura misalnya, saya declare, nama saya ya pasti ada, enggak masalah,” jelasnya, Selasa (5/4/2016).

Menurutnya, tidak ada motif penghindaran pajak karena pihaknya sudah mendeklarasikan dan sepenuhnya untuk mengikuti aturan yuridis yang ada. Yang menjadi masalah, menurutnya, jika seseorang atau perusahaan tidak terbuka.

Ketika ditanya tentang Mossack Fonseca & Co., dia mengaku tidak mengaku tidak tahu bahkan belum pernah mendengar sebelumnya. Untuk transparansi, Garibaldi menyatakan tidak ada masalah jika ada pembukaan data lebih lanjut.

Advertisement

Panama Papers merupakan jutaan dokumen mengenai individu dan entitas bisnis yang memanfaatkan perusahaan offshore untuk menghindari pajak dan melakukan pencucian uang. Adapun, firma hukum yang terlibat yakni Mossack Fonseca.

Dalam Panama Papers terungkap 11,5 juta rekaman yang merentang hingga 40 tahun lamanya, melibatkan 214.000 entitas offshore, 500 bank berskala internasional, serta individu dan perusahaan di 200 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif