Jogja
Selasa, 5 April 2016 - 18:55 WIB

HARGA BBM TURUN : Harga Kebutuhan Pokok di Jogja Stabil

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang cabai di Pasar Beringharjo, (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Harga BBM turun namun harga kebutuhan pokok masih stabil

Harianjogja.com, JOGJA—Harga bahan pangan di pasar tradisional cenderung stabil seperti harga beras. Sementara, harga cabai menyentuh harga normalnya.

Advertisement

Salah satu pedagang di Pasar Beringharjo Mentuk mengatakan, harga beras tidak mengalami perubahan meskipun ada penurunan harga bahan bakar minyak.

“Harganya masih sama mulai dari Rp8.500 hingga Rp10.000 per kg,” ujar dia kepada Harian Jogja di Pasar Beringharjo, Jogja, Senin (4/4/2016).

Sementara itu, harga cabai terpantau menyentuh titik normalnya. Pedagang cabai di Pasar Beringharjo, Jogja, Amin Suwariyah mengatakan, beberapa waktu lalu harga cabai sempat menyentuh angka Rp40.000 per kg. “Sekarang sudah normal harganya,” papar dia.

Advertisement

Wanita yang akrab disapa Yah itu mengatakan, cabai merah keriting saat ini dijual dengan harga Rp23.000 per kg, cabai merah besar Rp25.000 per kg, cabai hijau keriting Rp11.000 per kg. Ia mengungkapkan, alasan  penurunan harga cabai karena panen sudah mulai banyak sehingga pedagang di pasar banyak mendapatkan setoran cabai.

“Kalau dulu kan panenan kurang, permintaan luar Jawa besar sehingga pasokan ke Jogja kurang,” papar dia.

Dalam sehari, Yah bisa menjual hingga satu kwintal cabai. Permintaan paling banyak datang dari rumah makan. Cabai yang paling banyak diminta adalah cabai hijau keriting. Rata-rata, penjualan cabai hijau keriting bisa mencapai 20 kg hingga 25 kg per harinya.

Advertisement

“Cabai hijau untuk rumah makan biasanya. Ada yang sekalian minta dihilangkan gagangnya, ada juga yang mau sekalian diiriskan,” papar dia.

Sementara itu, hasil pantauan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop UKM) DIY, ada beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan dan penurunan harga rata-rata.

Harga rata-rata minyak goreng tanpa merek (sawit) naik Rp333 per liter menjadi Rp10.666, daging ayam broiler juga naik Rp333 per kg menjadi Rp28.333, telur ayam broiler naik Rp666 per kg menjadi Rp18.166.

Sebaliknya, beberapa harga mengalami penurunan yakni cabai merah besar turun Rp334 per kg, cabai rawit hijau turun  Rp1.000 per kg menjadi Rp21.333, dan cabai rawit merah turun Rp667 per kg menjadi Rp27.333.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif