Pedagang cabai di Pasar Beringharjo, Sut, menjual cabai merah keriting dan cabai rawit yang kini harganya naik Rp5.000 per kg, Jumat (4/3/2016).(Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja) Pedagang cabai di Pasar Beringharjo, (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)
Selasa, 5 April 2016 18:55 WIB Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

HARGA BBM TURUN
Harga Kebutuhan Pokok di Jogja Stabil

Harga BBM turun namun harga kebutuhan pokok masih stabil

Solopos.com, JOGJA—Harga bahan pangan di pasar tradisional cenderung stabil seperti harga beras. Sementara, harga cabai menyentuh harga normalnya.

Salah satu pedagang di Pasar Beringharjo Mentuk mengatakan, harga beras tidak mengalami perubahan meskipun ada penurunan harga bahan bakar minyak.

“Harganya masih sama mulai dari Rp8.500 hingga Rp10.000 per kg,” ujar dia kepada Harian Jogja di Pasar Beringharjo, Jogja, Senin (4/4/2016).

Sementara itu, harga cabai terpantau menyentuh titik normalnya. Pedagang cabai di Pasar Beringharjo, Jogja, Amin Suwariyah mengatakan, beberapa waktu lalu harga cabai sempat menyentuh angka Rp40.000 per kg. “Sekarang sudah normal harganya,” papar dia.

Wanita yang akrab disapa Yah itu mengatakan, cabai merah keriting saat ini dijual dengan harga Rp23.000 per kg, cabai merah besar Rp25.000 per kg, cabai hijau keriting Rp11.000 per kg. Ia mengungkapkan, alasan  penurunan harga cabai karena panen sudah mulai banyak sehingga pedagang di pasar banyak mendapatkan setoran cabai.

“Kalau dulu kan panenan kurang, permintaan luar Jawa besar sehingga pasokan ke Jogja kurang,” papar dia.

Dalam sehari, Yah bisa menjual hingga satu kwintal cabai. Permintaan paling banyak datang dari rumah makan. Cabai yang paling banyak diminta adalah cabai hijau keriting. Rata-rata, penjualan cabai hijau keriting bisa mencapai 20 kg hingga 25 kg per harinya.

“Cabai hijau untuk rumah makan biasanya. Ada yang sekalian minta dihilangkan gagangnya, ada juga yang mau sekalian diiriskan,” papar dia.

Sementara itu, hasil pantauan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop UKM) DIY, ada beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan dan penurunan harga rata-rata.

Harga rata-rata minyak goreng tanpa merek (sawit) naik Rp333 per liter menjadi Rp10.666, daging ayam broiler juga naik Rp333 per kg menjadi Rp28.333, telur ayam broiler naik Rp666 per kg menjadi Rp18.166.

Sebaliknya, beberapa harga mengalami penurunan yakni cabai merah besar turun Rp334 per kg, cabai rawit hijau turun  Rp1.000 per kg menjadi Rp21.333, dan cabai rawit merah turun Rp667 per kg menjadi Rp27.333.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….