Tampilan baru Google Play Store. (Istimewa/Google)
Selasa, 5 April 2016 22:15 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com/Detik Internet Share :

APLIKASI SMARTPHONE
Google Hapus Aplikasi Taliban

Aplikasi smartphone bikinan Taliban dihapus Google, mengapa?

Solopos.com, SOLO — Raksasa teknologi Amerika Serikat, tiba-tiba menghapus aplikasi buatan kelompok separatis Taliban. Aplikasi Taliban telah hilang dari Google Play Store beberapa hari lalu.

Sebagaimana diberitakan Mashable, Selasa (5/4/2016), aplikasi smartphone Taliban muncul di Google Play Store pada 1 April 2016. Tapi Google sepertinya menghilangkan aplikasi tersebut dari toko-nya.

Juru bicara Google mengonfirmasi pihaknya sudah menghapus aplikasi smartphone Taliban, namun menolak memberikan penjelasan detail mengenai alasan pencabutan aplikasi.

“Kami tidak mengomentari aplikasi spesifik, yang bisa kami sebutkan adalah kebijakan kami dibuat untuk menghadirkan pengalaman yang hebat bagi pengguna maupun developer. Karenanya, kami menghapus sejumlah aplikasi yang melanggar kebijakan Google Play,” tulis pernyataan Google di situs resmi-nya.

Selain ada beberapa kebijakan tentang developer Google di Play Store yang harus dipatuhi seperti melarang aplikasi yang mempromosikan kebencian, kekerasan dan aktivitas ilegal.

Kemunculan aplikasi smartphone Taliban kali pertama dilaporkan oleh  badan independen SITE yang melacak aktivitas online organisasi terkait dengan aksi terorisme. Sementara itu, juru bicara Taliban mengonfirmasi aplikasi berbahasa Pashto tersebut dibuat oleh mereka. Isinya, video dan berbagai pesan dari kelompok tersebut.

Juru bicara tersebut mengatakan aplikasi smartphone bikinan mereka adalah bagian dari usaha teknologi canggihnya guna mencapai pemakai yang lebih mendunia. Google mengimplementasikan proses review bagi developer Android mulai tahun lalu. Tahap ini mengharuskan aplikasi disetujui Google sebelum masuk di Play Store.

Sebelumnya, aplikasi smartphone Google hanya akan di-review bila ada pengguna yang melaporkan, atau memunculkan kontroversi ketika sudah dipublikasikan di Play Store.

Meski proses review bergantung pada tim editor, tak hanya algoritma, aplikasi biasanya akan disetujui dalam hitungan jam. Dibandingkan dengan Apple App Store, persetujuan aplikasi bisa memakan waktu berhari-hari. Jadi, kemungkinan beberapa aplikasi tak semestinya terlewat memang bisa terjadi.

LOWONGAN PEKERJAAN
SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…