Jogja
Selasa, 5 April 2016 - 21:20 WIB

ANGKUTAN LEBARAN : KAI Siap Angkut 15.834 Sepeda Motor secara Gratis

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Layanan Angkut Motor Gratis PT KAI dan Kemenhub. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Angkutan lebaran mulai dipersiapkan oleh PT KAI

Harianjogja.com, JOGJA—PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah mengambil ancang-ancang untuk menghadapi arus mudik dan arus balik. Satu upayanya adalah menyediakan angkutan sepeda motor gratis bagi pemudik dengan kapasitas 15.834 unit sepeda motor.

Advertisement

Manager Humas Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan, persiapan dibuat seawal mungkin karena mengikuti pembelian tiket yang sudah bisa dipesan 90 hari sebelum keberangkatan.

“Kebijakan angkutan motor gratis ini untuk mengurangi kepadatan dan tingkat kecelakaan di jalan raya yang disebabkan sepeda motor saat arus mudik dan balik libur Lebaran,” papar dia, di Kantor Daop VI Yogyakarta, Jogja, Senin (4/4/2016).

Advertisement

“Kebijakan angkutan motor gratis ini untuk mengurangi kepadatan dan tingkat kecelakaan di jalan raya yang disebabkan sepeda motor saat arus mudik dan balik libur Lebaran,” papar dia, di Kantor Daop VI Yogyakarta, Jogja, Senin (4/4/2016).

Eko mengatakan, kapasitas yang disediakan meningkat dibanding 2015 yang sebanyak 9.900 sepeda motor. PT KAI mengerahkan 35 kereta bagasi dengan rincian 14 kereta bagasi untuk lintas utara, 14 kereta bagasi untuk lintas selatan I, dan tujuh kereta bagasi untuk lintas selatan II.

Kereta api angkutan motor gratis ini akan dioperasikan selama enam hari saat arus mudik (28 Juni-3 Juli 2016) dan selama tujuh hari saat arus balik (10-16 Juli 2016).

Advertisement

Masyarakat yang ingin memanfaatkan pelayanan ini sudah bisa melakukan pendaftaran sejak 8 Maret hingga 6 Juni 2016 di Stasiun Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen, Jakarta mulai pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Mereka hanya perlu membawa KTP, SIM, STNK asli yang masih berlaku dan fotokopiannya masing-masing tiga lembar. Bagi masyarakat yang melakukan pendaftaran angkutan motor gratis, PT KAI dan Kementerian Perhubungan memfasilitasi pembelian tiket mudik menggunakan KA dengan ketentuan maksimal tiga orang dalam satu keluarga yang terdiri dari dua dewasa dan satu anak maksimal 11 tahun untuk satu unit motor.

PT KAI menyediakan lima KA untuk memfasilitasi para pengguna layanan angkutan motor gratis dengan keberangkatan penumpang arus mudk 29 Juni hingga 4 Juli 2016 dan arus balik 11-17 Juli 2016.

Advertisement

Adapun pembagiannya untuk masyarakat yang melakukan pendaftaran 8 Maret hingga 6 April 2016 akan difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan KA Kertajaya Rangkaian Panjang (non PSO), Kutoarjo Utara (non PSO), Bengawan, dan Brantas selama tempat duduk masih tersedia.

Kemudian, untuk pendaftaran pada 7 April hingga 6 Mei 2016 difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan KA Kutoarjo Utara Tambahan Lebaran (non PSO) selama tempat duduk masih ada. Sementara itu, untuk pendaftaran 7 Mei hingga 6 Juni 2016 tidak difasilitasi untuk pembelian tiket mudik dengan KA.

“PT KAI mengalokasikan tiga kereta bagasi untuk setiap KA tersebut. Kapasitas tempat duduk setiap hari sebanyak 1.696 tempat duduk dengan total tempat duduk selama arus mudik dan balik Lebaran sebanyak 22.048 tempat duduk,” papar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif