Objek wisata candi Semarang (Facebook-MIK Semar) Objek wisata candi Semarang (Facebook-MIK Semar)
Senin, 4 April 2016 17:50 WIB Insetyonoto/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

WISATA SEMARANG
Candi Eksotis di Kota Semarang, Yuk Berburu Foto

Wisata Semarang berupa Candi Tugurejo tak banyak diketahui.

Solopos.com, SEMARANG — Candi Tugurejo terletak di wilayah Mangkang KM 11 Tugurejo. Candi yang berlokasi di Kota Semarang ini belum banyak dikenal masyarakat luas.

Objek wisata candi Semarang (Facebook-MIK Semar)

Objek wisata candi Semarang (Facebook-MIK Semar)

Padahal candi eksotis ini cocok buat Anda yang suka atau punya hobi memfoto. Keberadaan candi ini, belum mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Keberadaan candi tersebut diposting oleh pengguna akun Facebook Aryo Mf di Group Facebook Media Informasi Kota Semarang (MIK Semar) pada Senin (4/4/2016), disertai dengan foto-foto candi dan prasati. ”Satu lagi potensi wisata yang sedikit terpinggirkan di kota Semarang,” tulis Aryo Mf.

Aryo menambahkan. ”Lepas dari kesimpangsiuran sejarah candi tugu ini, amat disayangkan kalau sampai terbengkalai. padahal bisa meningkatkan kesejahteraan warga sekitar, andai saja pihak terkait perduli.”

Postingan foto-foto candi dan prasasti dari Aryo Mf. tersebut membuat penasaran para netizen Group Facebook MIK Semar, karena tidak disertai keterangan lokasi candi.

”Wah aku malah durung tau rono [saya belum pernah ke sana], tulis akun Facebook Purnomo Wicaksono

”Wih apik, Semarang punya candi ya, kapan pak Aryo Mf. mau ke sana ajak saya sambil mengajari motret nggih pak,” timpal akun Facebook Dani Batoto.

“Daerah mana itu gan? Tulis akun Facebook Irfan Rizki N.

”Lha kalau posting disertakan lokasi dan detail info, jadi tidak repot. Lha kalau cuma foto dan sedikit info kok ya nanggung,” protes akun Facebook Kristin Widiarti.

Menanggapi rasa penasaran netizen, Aryo Mf, kemudian menuliskan alamat candi tersebut di Jl. Mangkang KM. 11, Tugurejo.

”Kalau dari arah Semarang, lokasi kanan jalan, seberang Rumah Sakit (RS) Tugurejo, pas jalanan agak berbelok ke kiri, pelan saja, karena memang minim petunjuk jalan arah candi tersebut. Masuk jalan Tugurejo lurus saja sampai mentok perkampungan dan ada jalan setapak menuju tangga candi, bisa tanya warga sekitar daripada kesasar,” tulis Aryo panjang lebar.

Masuk ke objek candi tersebut, menurut Aryo, gratis, tidak dipingut biaya. ”Masuk gratis, kalau bawa kendaraan nitip warga sekitar,” imbuhnya.

”Candi Tugurejo (prasasti?) asli Semarang, sayangnya pemugaran oleh orang Belanda membuat susunan candi seperti bergaya Eropa, kelihatan seperti bukan buatan orang pribumi, jadinya rancu,” tulis akun Facebook Arif Wibowo.

”Menurut sejarah candi ini merupakan tapal batas kerajaan Majapahit dan Pajajaran,” tulis akun Facebook Dwi Subiantoro RednUt.

LOWONGAN PEKERJAAN
WEDHANGAN GULO KLOPO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…