Jogja
Senin, 4 April 2016 - 15:55 WIB

UN 2016 : DIY Targetkan Kenaikan Dua Indikator UN

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Safira Delicateza, siswi XII IPA SMA Budya Wacana Jogja [putih abu-abu], sedang mengerjakan UN CBT mata pelajaran Bahasa Indonesia, pada Senin (4/4/2016). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

N 2016 di tingkat SMA/SMK dan MA di DIY ditargetkan mampu pertahankan prestasi integritas dan peningkatan nilai

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Disdikpora DIY) mengungkapkan  DIY menargetkan dua indikator kelulusan pada Ujian Nasional 2016 (UN 2016).

Advertisement

Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, target pertama yakni mampu mempertahankan prestasi sebagai daerah paling berintegritas dalam mengerjakan UN, target kedua yakni ada peningkatan pada jumlah peserta yang memiliki nilai baik.

“Integritasnya naik itu artinya sekolah yang dinyatakan tingkat integritas di atas 90 persen itu semakin bertambah, siswa yang nilainya baik juga bertambah. Tidak harus lebih baik dari propinsi lain, tapi kalau ternyata propinsi lain belum lebih baik dari DIY, mati kita jadikan itu sebagai usaha kita yang patut kita syukuri,” ujarnya Sabtu (2/4/2016).

Prestasi yang ditargetkan tersebut, diharapkan dapat dicapai dalam ujian baik yang berbentuk UN Computer Based Test (CBT) maupun Paper Based Test (PBT).

Advertisement

Ia menambahkan, berprestasi dan jujur merupakan dua hal yang wajib bagi DIY dalam penyelenggaraan UN. Karenanya ia meminta dukungan seluruh pihak, baik siswa peserta, sekolah maupun orang tua untuk turut menyukseskan penyelenggaraan UN. Meski bukan lagi menjadi penentu kelulusan, UN masih memiliki arti penting.

“Nilai yang didapat nanti tentu bisa berguna untuk melanjutkan pendidikan ataupun melamar pekerjaan,” tuturnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif