Masjid Baiturrahman Sukoharjo. (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos) Masjid Baiturrahman Sukoharjo. (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)
Senin, 4 April 2016 19:40 WIB Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos Sukoharjo Share :

MASJID AGUNG SUKOHARJO
TK Baiturrahman Tergusur Renovasi Masjid Agung

Masjid Agung Sukoharjo, bangunan TK Baiturrahman di kompleks masjid akan tergusur dalam proses renovasi.

Solopos.com, SUKOHARJO–Taman Kanak-kanak (TK) Baiturrahman dipastikan tergusur rencana proyek renovasi Masjid Agung Baiturrahman Sukoharjo. TK Baiturrahman bakal dipindah sementara ke lokasi lain agar proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap berjalan.

Sekretaris Takmir Masjid Agung Baiturrahman, Ihsan Muhadi, mengatakan TK Baiturrahman berada di sisi utara masjid agung. Lantaran masjid agung bakal direnovasi maka gedung TK Baiturrahman dibongkar total. TK Baiturrahman mempunyai puluhan siswa yang mayoritas merupakan warga yang berdomisili di sekitar masjid agung.

“Proses KBM tetap berjalan selama pengerjaan renovasi masjid agung. Kami akan mencari sekolah lain yang kosong untuk ditempati para siswa TK,” kata dia, saat ditemui Solopos.com di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Senin (4/4/2016).

Selain TK Baiturrahman, beberapa bangunan yang berada di area masjid agung juga dibongkar termasuk kantor sekretariat takmir masjid agung. Bisa jadi, kantor sekretariat takmir masjid agung bakal dipindah ke lokasi lain namun masih tetap di sekitar masjid agung.

Namun, Ihsan belum dapat memastikan waktu pengerjaan proyek renovasi masjid agung. “Kemungkinan proyek renovasi masjid agung dikerjakan pada 2017 mendatang. Detail engineering design (DED) renovasi masjid agung belum disusun,” ujar dia.

Menurut Ihsan, pengurus takmir masjid agung bersama pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sukoharjo telah melakukan pertemuan membahas rencana renovasi masjid agung. Pertemuan telah digelar dua kali pada Maret lalu. Pertemuan itu juga dihadiri tim teknis internal yang memahami bidang konstruksi bangunan dan arsitektur.

Saat ini, tim teknis itu masih mengkaji beberapa contoh desain gambar masjid agung. “Nanti bangunan masjid agung bakal bergeser ke timur dan selatan beberapa meter. Setelah kajian desain contoh gambar masjid agung rampung maka segera dirapatkan lagi,” terang Ihsan.

Hasil kajian desain gambar masjid agung bakal diserahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo sebagai bahan referensi penyusunan DED dan rencana anggaran biaya (RAB) bangunan. Setelah penyusunan DED rampung maka proyek renovasi masjid agung segera dikerjakan.

Pada prinsipnya, Masjid Agung Baiturrahman merupakan milik umat muslim di Sukoharjo. Sehingga pengurus takmir masjid agung akan menyerap aspirasi umat muslim ihwal rencana renovasi masjid agung. “Jika masjid agung direnovasi maka daya tampungnya otomatis bertambah. Mungkin lebih dari 5.000 umat muslim yang bisa menunaikan salat di masjid agung.”

Lowongan Pekerjaan
PT. BPRS Central Syariah Utama Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Harga Tertentu Beras Tertentu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (7/8/2017). Esai ini karya Feriana Dwi Kurniawati, Kepala Seksi Usaha Tani dan Pengolahan Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah feriana_dk@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Pemerintah telah mengumumkan mulai…