Soloraya
Senin, 4 April 2016 - 20:40 WIB

HARGA BBM TURUN : Pemkab Karanganyar Turunkan Tarif Angkutan 3%-5%

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebuah bus mengantri BBM di sebuah SPBU di Palur, Jaten, Karanganyar, belum lama ini. Organda menyatakan belum akan menaikkan tarif angkutan umum terkait rencana kenaikan harga BBM bersubsidi. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Harga BBM turun, tarif angkutan umum di Karanganyar akan turun 3%-5%.

Solopos.com, KARANGANYAR–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan menurunkan tarif angkutan umum 3%-5% mulai Selasa (4/4). Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karanganyar, Agus Cipto Waluyo, mengatakan sudah berkoordinasi dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan perwakilan pelaku usaha angkutan perkotaan (angkot) dan angkutan perdesaan (angkudes). Pertemuan membahas penyesuaian tarif.

Advertisement

“Sepakat tarif turun 3%-5% dari tarif sebelumnya. Menyesuaikan kebijakan pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak [BBM]. Berlaku mulai Selasa [5/4]. Misalnya, trayek Palur-Bejen maksimal Rp5.300-an menjadi Rp5.000,” kata Agus saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (4/4/2016).

Namun, Agus mengaku tidak hafal tarif angkot dan angkudes secara detail. Menurut Agus, pelaku usaha mengeluh sejumlah penumpang kurang tertib saat membayar. Penumpang membayar lebih rendah ketimbang tarif yang ditentukan.

Agus menyampaikan penurunan harga BBM mencapai 12%. Namun, pelaku usaha tidak dapat menurunkan tarif lebih dari 5%. Mereka beralasan komponen pada transportasi banyak, seperti BBM, spare part, biaya perawatan, dan lain-lain.

Advertisement

“Pelaku usaha berharap masyarakat tertib membayar. Harga BBM turun tidak serta merta tarif juga banyak turun. Masih banyak komponen lain yang mempengaruhi. Kami akan mengajukan penyesuaian tarif kepada Bupati untuk dituangkan pada surat keputusan,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif