Simulasi UN CBT atau UNBK di SMK Nahdlatul Ulama (NU) Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (30/3/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra) Simulasi UN CBT atau UNBK di SMK Nahdlatul Ulama (NU) Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (30/3/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)
Minggu, 3 April 2016 13:20 WIB Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

UNBK 2016
Sekolah Pastikan Tak Ada Kebocoran Soal Ujian Berbasis Komputer

UNBK 2016 akan dilaksanakan di sejumlah sekolah di Gunungkidul

Solopos.com, GUNUNGKIDUL– Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016 kali ini tak memerlukan pengawasan yang begitu ketat, pasalnya seluruh sistem yang dilaksanakan terpusat pada satu server.

Sehingga kebocoran soal yang selalu dicemaskan kemungkinan besar tidak akan terjadi.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala SMA N 2 Wonosari, Leladi Budhi Mulya, ia mengungkapkan bahwa seluruh pihak tidak perlu merasa khawatir akan kemungkinan terjadinya kebocoran soal.

Menurutnya, Ujian Nasional kali ini berbeda dengan Ujian Nasional Paper Based Test (UNPBT) yang harus mendapatkan pengawalan khusus.

Token akan diberikan kepada seluruh siswa pada hari senin pagi (4/4/2016), sehingga ia yakin tidak akan terjadi kebocoran soal.

“Hari Sabtu [2/4/2016] kami baru bisa mengunduh soal dari server pusat. Soal baru dapat dibuka ketika hari H, yakni saat hari pelaksanaan ujian, dengan menggunakan token,” kata dia Rabu (30/3/2016).

Terkait dengan pengawasan, berdasarkan Prosedur Operasional Standar Ujian Nasional, guru pengampu mata pelajaran yang di-UN kan tidak diperkenankan berada di lingkungan pelaksanaan ujian.

Hal tersebut dilakukan terkait dengan nilai integritas, sehingga hal-hal yang dimungkinkan dapat mengurangi integritas harus diantisipasi. Di Gunungkidul sendiri, setiap UN dilaksanakan, seluruh guru pengampu mata pelajaran UN selalu diparkir di rumah mereka masing-masing dan tidak boleh melakukan pengawasan terhadap jalannya pelaksanaan ujian.

Leladi Budhi Yakin, sekolah yang ia ampu dapat menjalankan UNBK dengan lancar dan tanpa halangan.

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS Account Executive, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…