Jogja
Minggu, 3 April 2016 - 10:20 WIB

UN 2016 : Soal Ujian Tak Perlu Penjagaan Polisi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Personil tim armada naskah soal UN mendistribusikan sejumlah soal paket C di Dinas Pendidikan Unit II, Wates pada Sabtu (2/4/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

UN 2016 tidak sketat tahun sebelumnya, kali ini naskah soal tidak dijaga polisi

Harianjogja.com, KULONPROGO-– Sejumlah naskah soal Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMTK, SMALB, SMK, Paket C didistribusikan ke sejumlah sub rayon di Kulonprogo pada Sabtu (2/4/2016).

Advertisement

Berbeda dari tahun sebelumnya, SMK Negeri 1 Pengasih selaku Sub Rayon 1 tidak memberikan penjagaan polisi seketat biasanya guna mengawasi lokasi penyimpanan naskah soal.

Erlan Juanda, Ketua Sub Rayon 1Kulonprogo menjelaskan bahwa tahun ini pengamanan naskah soal tak lagi seketat biasanya. Hal ini dikarenakan jumlah naskah soal yang diterima tahun ini jauh lebih sedikit daripada tahun sebelumnya.

“Kebanyakan sudah CBT[computer based test] jadi naskahnya sedikit,” jelasnya saat ditemui di sela-sela penerimaan naskah di SMK N 1 Pengasih.

Advertisement

Meski demikian, penjagaan tetap akan dilakukan oleh pihaknya selaku penanggungjawab naskah tersebut. Personil polisi juga akan tetap membantu penjagaan meski dalam jumlah yang lebihs edikit daripada biasanya.

Selain itu, ia menyebutkan bahwa naskah tetap disimpan dalam lemari khusus yang dilengkapi dengan kunci. Sejumlah soal tersebut akan disimpan hingga hari pelaksanaan UN pada Senin (4/4/2016) mendatang.

Nantinya, lemari berisi naskah tersebut akan dibuka secara bersama-sama dengan menghadirkan saksi-saksi dari berbagai pihak terkait. SMK N 1 Pengasih sendiri menjadi lokasi penyimpanan bagi 318 paket soal. Naskah ini nantinya akan digunakan untuk siswa peserta ujian dari SMK Maarif 2 Wates, SMK Muhammadyah 3 Wates, SMK YPKK Kulonprogo, dan SMK Negeri Girimulyo.

Advertisement

Sejumlah naskah soal tersebut didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga DIY dengan dikawal oleh 2 personil Polda DIY.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif