Personil tim armada naskah soal UN mendistribusikan sejumlah soal paket C di Dinas Pendidikan Unit II, Wates pada Sabtu (2/4/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja) Personil tim armada naskah soal UN mendistribusikan sejumlah soal paket C di Dinas Pendidikan Unit II, Wates pada Sabtu (2/4/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)
Minggu, 3 April 2016 10:20 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

UN 2016
Soal Ujian Tak Perlu Penjagaan Polisi

UN 2016 tidak sketat tahun sebelumnya, kali ini naskah soal tidak dijaga polisi

Solopos.com, KULONPROGO-– Sejumlah naskah soal Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMTK, SMALB, SMK, Paket C didistribusikan ke sejumlah sub rayon di Kulonprogo pada Sabtu (2/4/2016).

Berbeda dari tahun sebelumnya, SMK Negeri 1 Pengasih selaku Sub Rayon 1 tidak memberikan penjagaan polisi seketat biasanya guna mengawasi lokasi penyimpanan naskah soal.

Erlan Juanda, Ketua Sub Rayon 1Kulonprogo menjelaskan bahwa tahun ini pengamanan naskah soal tak lagi seketat biasanya. Hal ini dikarenakan jumlah naskah soal yang diterima tahun ini jauh lebih sedikit daripada tahun sebelumnya.

“Kebanyakan sudah CBT[computer based test] jadi naskahnya sedikit,” jelasnya saat ditemui di sela-sela penerimaan naskah di SMK N 1 Pengasih.

Meski demikian, penjagaan tetap akan dilakukan oleh pihaknya selaku penanggungjawab naskah tersebut. Personil polisi juga akan tetap membantu penjagaan meski dalam jumlah yang lebihs edikit daripada biasanya.

Selain itu, ia menyebutkan bahwa naskah tetap disimpan dalam lemari khusus yang dilengkapi dengan kunci. Sejumlah soal tersebut akan disimpan hingga hari pelaksanaan UN pada Senin (4/4/2016) mendatang.

Nantinya, lemari berisi naskah tersebut akan dibuka secara bersama-sama dengan menghadirkan saksi-saksi dari berbagai pihak terkait. SMK N 1 Pengasih sendiri menjadi lokasi penyimpanan bagi 318 paket soal. Naskah ini nantinya akan digunakan untuk siswa peserta ujian dari SMK Maarif 2 Wates, SMK Muhammadyah 3 Wates, SMK YPKK Kulonprogo, dan SMK Negeri Girimulyo.

Sejumlah naskah soal tersebut didistribusikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga DIY dengan dikawal oleh 2 personil Polda DIY.

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…