Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)
Minggu, 3 April 2016 09:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

UJIAN NASIONAL 2016
Waspadai Peredaran Kunci Jawaban Palsu!

 

Ujian Nasional 2016 untuk SMA sederajat dilaksanakan mulai besok.

Solopos.com, MADIUN -Ujian Nasional (UN) untuk jenjang SMA sederajat digelar mulai besok, Senin (4/4/2016) hingga Kamis (7/4/2016).

Dinas Pendidikan, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Dikbudpora) Kota Madiun, Jatim, meminta siswa kelas XII SMA sederajat yang akan menjalani UN mewaspadai peredaran kunci jawaban palsu yang menyesatkan.

“Jangan percaya pada kunci jawaban palsu yang banyak beredar menjelang pelaksanaan ujian nasional seperti sekarang ini. Hal itu sangat merugikan dan menyesatkan siswa,” ujar Kepalan Dikbudpora Kota Madiun, Gandhi Hatmoko, kepada wartawan, Sabtu (2/4/2016).

Gandhi menduga kunci jawaban palsu tersebut sengaja disebar oleh orang tidak bertanggung jawab yang ingin mencari sensasi atau keuntungan pribadi semata.

“Karena itu, berulang kali saya ingatkan kepada para siswa untuk tenang, fokus, dan percaya pada kemampuan sendiri,” kata dia.

Sesuai data Dikbudpora, UN tingkat SMA/SMK/MA tahun ini akan diikuti 4.875 peserta dari 45 lembaga sekolah baik negeri maupun swasta di Kota Madiun.

Menurut Gandhi, menjelang UN pihak dinas telah menyerahkan ke masing-masing sekolah guna melakukan pelatihan, bimbingan belajar, dan try out.

Untuk diketahui, tim dari Dikbudpora setempat dan Polres Madiun Kota telah menyortir naskah soal ujian nasional yang diperlukan bagi sistem paper based test (PBT).

Naskah yang telah tersortir tersebut dijaga ketat oleh petugas Polres Madiun Kota untuk didistribusikan ke rayon dan sekolah masing-masing pada hari H pelaksanaan ujian mendatang.

“Segala persiapan telah dilakukan. Kami semua berharap agar ujian nasional, baik dengan sistem PBT maupun computer based test (CBT) di Madiun dapat berjalan lancar,” kata dia berharap.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….