Simulasi UN CBT atau UNBK di SMK Nahdlatul Ulama (NU) Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (30/3/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra) Simulasi UN CBT atau UNBK di SMK Nahdlatul Ulama (NU) Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (30/3/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)
Minggu, 3 April 2016 21:10 WIB Pendidikan Share :

UJIAN NASIONAL 2016
Kemdikbud Akan Umumkan Sekolah Hasil Integritas Terendah

Ujian Nasional 2016 akan diselenggarakan besok.

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana mengumumkan indeks integritas sekolah dengan hasil Ujian Nasional (UN) 2016.

“Jika tahun sebelumnya hanya mengumumkan sekolah yang mempunyai indeks integritas yang tinggi, maka pada tahun ini kami juga mengumumkan sekolah yang mempunyai indeks integritas yang rendah,” Kepala Pusat Pendidikan Kemdikbud, Nizam, di Jakarta, Minggu (3/4/2016).

Sebagaimana dilansir Kantor Berita Antara, Minggu, indeks integritas merupakan indeks yang menunjukkan kejujuran siswa dan sekolah dalam pelaksanaan UN. Sekolah yang mempunyai indeks integritas tinggi akan mendapat penghargaan dari Kemdikbud, sebaliknya yang mendapat indeks integritas rendah akan mendapatkan pembinaan.

Menurut Nizam, indeks integritas sangat penting dalam proses pelaksanaan UN, karena mulai UN 2015, ujian tidak lagi menentukan kelulusan.

“Indeks integritas itu juga digunakan dalam pertimbangan penerimaan mahasiswa baru,” tambah dia.

Dengan diumumkannya indeks integritas sekolah, diharapkan para orang tua dapat menggunakannya sebagai bahan pertimbangan dalam memasukkan anak ke suatu sekolah. “Prestasi penting, tetapi yang lebih penting kejujuran,” katanya.

Ujian Nasional bagi peserta SMA/MA/SMK akan diselenggarakan Senin (4/4/2016) besok. Sejak 2015, UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan melainkan digunakan untuk pemetaan.

LOWONGAN PEKERJAAN
WEDHANGAN GULO KLOPO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…