Lifestyle
Minggu, 3 April 2016 - 01:30 WIB

TIPS KEUANGAN : Atur Keuangan Anda dengan 4 Aplikasi Ini!

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menabung (Indianyouth.net)

Tips keuangan kali ini menampilkan beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda dalam mengatur pengeluaran.

Solopos.com, SOLO — Untuk bisa mengatur keuangan Anda dengan baik, tak ada salahnya Anda memanfaatkan beberapa aplikasi keuangan yang menjadi fokus bahasan kali ini, Sabtu (2/4/2016).

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari Allyou, Sabtu, aplikasi keuangan tersebut meliputi Mint, You Need a Budget, Shoeboxed, Billguard by Experian, dan Readyforzero.

1. Membuat Anggaran
Untuk membuat anggaran belanja,  Anda bisa menggunakan aplikasi Mint. Aplikasi ini akan terhubung dengan rekening tabungan Anda. Aplikasi tersebut sekaligus bisa memeriksa transaksi kartu kredit dan investasi Anda.

Selain itu, Mint bisa membantu Anda dalam memilih kartu kredit yang rendah bunga. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga tidak perlu risau akan lupa waktu pajak, karena Mint memiliki feature pengingat tagihan.

Advertisement

Aplikasi lain yang memiliki feature mirip dengan Mint, adalah You Need a Budget. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis selama 34 hari, untuk selanjutnya berbayar, yaitu sebanyak US$60 atau sekitar Rp800.000.

2. Pantauan Pembayaran
Bagi Anda yang menjalankan bisnis online, tak ada salahnya menjajal aplikasi Shoeboxed. Pasalnya, aplikasi tersebut bisa membantu Anda memantau perjalanan transaksi Anda, melalui GPS. Layanan aplikasi ini gratis untuk transaksi tak lebih dari 50 orang. Bila lawan transaksi Anda melebihi 50 orang, Anda dikenai charge sebesar US$10 per bulan atau sekitar Rp140.000.

3. Pengamanan Kartu Kredit
Sekarang ini, banyak orang nekat melakukan penipuan dengan pelbagai motif. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya Anda memanfaatkan aplikasi BillGuard by Experian. Aplikasi ini bisa mendeteksi transaksi mencurigakan yang berpotensi besar dengan penipuan.

Advertisement

4. Melunasi Utang
Masalah terbesar yang sering membuat orang terbelit utang terus-terusan adalah sikap malas menghitung perbandingan sisa utang, jangka waktu pelunasan, dengan bunga yang harus dibayar.

Untuk mengurangi risiko tersebut, aplikasi Readyforzero bisa Anda gunakan untuk memantau sisa utang. Dengan mengetahui sisa utang, Anda akan termotivasi untuk segera melunasinya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif