Minggu, 3 April 2016 14:20 WIB Kota Jogja Share :

Sultan Ulang Tahun, Menantu Doakan Sultan Sehat Selalu

Sultan ulang tahun, perayaan digelar dengan peringatan naik tahta.

Solopos.com, JOGJA-Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X berulang tahun tepat pada 2 April. Ucapan selamat disampaikan oleh beberapa kalangan, termasuk para menantu Sultan.

“Mendoakan agar Ngarso Dalem diberi kesehatan, kekuatan dan kebahagiaan,” kata Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Wironegoro.

Wironegoro berharap Sultan tetap bisa memimpin negeri Ngayogyokarto Hadiningrat di era keistimewaan ini menyambut peradaban baru demi mensejahterakan rakyatnya.

Suami dari Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, putri sulung Sultan ini mengatakan perayaan ulang tahun Sultan ke-70 akan digelar di Kraton bersamaan dengan peringatan Sultan naik tahta.

“Perayaan ulang tahun dilakukan bersamaan dengan perayaan kenaikan tahta beliau,” katanya.

Ungkapan doa juga disampaikan oleh KPH Purbodingrat, suami dari GKR Maduretno.

“Doa saya untuk Beliau agar semoga panjang yuswo, wilujeng dan senantiasa selalu dalam Lindungan Gusti Allah SWT dijauhkan dari nir sambikala,” ungkap dia.

Purbodingrat berharap agar Sultan terus dapat mengayomi, membimbing dan menjadi panutan dalam lingkup Keluarga, rakyat Jogja dan bangsa Indonesia.

Sri Sultan Hamengku Buwono X lahir pada 2 April 1946 dengan nama Bendara Raden Mas Herjuno Darpito. Sultan kemudian menikah dengan GKR Hemas pada 1968 kemudian dikaruniai lima putri.

Sultan kemudian naik tahta pada 7 Maret 1989 dengan gelar ‘Ngarsa Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kangjeng Sultan Hamengku Buwana Senapati-ing-Ngalaga Ngabdurrahman Sayidin Panatagama Khalifatullah ingkang Jumeneng Kaping Sadasa ing Ngayogyakarta Hadiningrat’.

Sekretaris Kawedanan Hageng Panitra Pura, Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Gondo Hadiningrat mengatakan peringatan Ulang Tahun Sultan di Kraton akan digelar pada Mei mendatang bertepatan dengan kenaikan tahta. “Dalam hitungan jawa ulang tahun jumenengan Sultan tahun ini jatuh pada Mei,” katanya.

Pada acara tersebut, kata Gondo Hadiningrat, nantinya para abdi dalem akan sungkem ke Ngarso Dalem.?

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…