Hermawan Sulistyo (Syafiul Hadi/JIBI/Harian Jogja) Hermawan Sulistyo (Syafiul Hadi/JIBI/Harian Jogja)
Minggu, 3 April 2016 19:20 WIB Syafiul Hadi/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PELUANG USAHA
Dari Perbaiki Mainan Jadi Pemasukan

Peluang usaha custom and repair toys berpotensi dikembangkan.

Solopos.com, JOGJA-Lagi-lagi, hobi menjadi sesuatu yang dapat mendatangkan rezeki. Bermula dari kesenangannya mengoleksi mainan, Hermawan Sulistyo kini membuka usaha custom and repair toys, Savage. Selain mengoleksi mainan, sekarang dia dapat memperbaiki hingga menbuat mainan sendiri. Berapa besar prospek usaha ini?

Dengan bermodal senang menciptakan sesuatu atas dasar seni kreatif, usaha custom and repair toys milik Mawan, panggilan pria 23 tahun ini berjalan lancar sampai sekarang. Mawan mengaku memang sejak dari dulu senang mengoleksi mainan dan mengutak-atiknya, sehingga muncullah ide untuk memperbaiki dan menciptakan mainan sendiri.

“Hobi saya senang dengan membuat sesuatu dan saya senang dengan mainan. Karena lama kelamaan saya bosan hanya dengan mengoleksi, jadi kenapa saya tidak membuat mainan sendiri,” ungkap Mawan saat ditemui di rumah kontrakan yang sekaligus menjadi workshopnya belum lama ini.

Custom and repair toys yang digeluti oleh Mawan ini adalah usaha jasa pembuatan mainan baru, memperbaiki, ataupun pesanan mainan dengan modifikasi sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen. Custom toys juga bisa mengubah bentuk maupun detail ataupun warna sesuai pesanan konsumen.

Custom yang umpamanya konsumen punya satu mainan dan dia ingin mainannya berubah bentuk ke bentuk yg dia inginkan,” tutur pria asal Pontianak ini.

Awal mula Mawan membuka usaha ini termasuk bisnis kecil-kecilan dengan mengandalkan teman-teman. Mawan yang juga turut aktif dalam berbagai komunitas pencinta mainan mengaku dalam belajar memperbaiki dan membuat mainan dari teman yang juga pandai dalam bidang ini. Dengan akses informasi yang gampang di zaman sekarang, data dari internet yang ia dapatkan juga sangat membantunya.

“Ya mulainya itu sempat ketemu dengan teman di Jogja yang bisa custom and repair mainan juga, kemudian belajar dan dapat bahan baku juga dari teman, kemudian improve lagi,” ujar mahasiswa Teknik Arsitektur, Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja ini.

LOWONGAN PEKERJAAN
DIBUTUHKAN TENAGA JAHIT, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…