Penampakan di Bekas RSJ di Inggris. (Dailymail.co.uk) Penampakan di Bekas RSJ di Inggris. (Dailymail.co.uk)
Minggu, 3 April 2016 19:50 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

KISAH MISTERI
Penampakan di Bekas RSJ Ini Bikin Merinding

Kisah misteri datang dari bekas rumah sakit jiwa di Inggris.

Solopos.com, BRECON – Sebuah foto gedung bekas rumah sakit jiwa (RSJ) di Brecon, Inggris mendadak viral di Internet karena menunjukkan penampakan sosok mengerikan. Padahal gedung itu sudah ditutup sejak 15 tahun lalu.

Entah hantu atau bukan, namun dalam foto yang beredar di sejumlah sosial media itu tampak sosok mirip orang sedang mengintip ke luar jendela dari dalam bangunan bekas RSJ bernama Brecon & Radnor Lunatic itu.

Mengerikannya lagi, wajahnya tampak rusak. Tidak terlihat mata maupun mulutnya, yang tampak hanya rambut sedikit beruban, jidat dengan kulit pucat, dan warna merah di area hidung, pipi, hingga dagu.

Foto tersebut diabadikan dan diunggah ke Internet oleh Adam Smith. Ia mengaku sedang melintas di depan bangunan dan mendapat kejutan tersebut. Padahal saat itu hari belum terlalu gelap.

”Mungkin ia dahulunya pasien yang melakukan prosedur lobotomi atau mantan tentara perang, atau mungkin seorang tahanan Nazi. Apapun itu, sosok wajah menyeramkan tersebut membuat saya ketakutan,” ungkap Adam seperti dilansir laman Dailymail, Jumat (1/4/2016).

Berbicara soal bangunannya, Brecon & Radnor Lunatic yang berdiri tahun 1903 itu sebenarnya adalah RS umum yang berfungsi untuk merawat warga dan tentara korban Perang Dunia I.

Kemudian pada Perang Dunia II, bangunan tersebut beralih fungsi menjadi RSJ untuk merawat prajurit yang depresi hingga gila. Konon untuk mengatasi depresi, dibukalah praktik operasi bedah otak yang disebut lobotomi.

Operasi itu rupanya berhasil menyembuhkan banyak prajurit. Tetapi ada satu pasien yang meninggal sebab ketika operasi dokter melakukan kesalahan yang menyebabkan tengkorak kepalanya retak hingga merusak otak dan memutus sejumlah saraf.

Pasien yang meninggal itulah yang disebut-sebut sebagai sosok penampakan dalam foto jepretan Adam. Ada yang menyebut sosok itu adalah arwah penasaran dan mencari dokter yang telah merengut nyawanya.

 

 

 

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…