Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di jalur jalan ke Puncak, Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/8/2014). Dua pekan pascalebaran 2014, kunjungan wisatawan yang berlibur ke daerah Puncak masih tinggi sehingga menimbulkan kemacetan dua arah. (JIBI/Solopos/Antara/Indrianto Eko Suwarso) Ilustrasi kemacetan jalur Puncak, Minggu (10/8/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Indrianto Eko Suwarso)
Minggu, 3 April 2016 09:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Peristiwa Share :

Jalur Puncak Amblas, Hoax!

Jalur Puncak di media sosial dikabarkan hoax. Namun, ini dibantah oleh otoritas terkait.

Solopos.com, CIANJUR — Dalam sehari kemarin beredar kabar jalun Puncak di Jawa Barat (Jabar) amblas. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Jabar, Asep Suparman, memastikan informasi di sejumlah media elektronik dan jejaring sosial serta BBM menyebutkan Jalur Puncak amblas, cuma hoax karena jalur tersebut masih utuh dan dapat dilalui.

“Kami sejak sore sampai malam ini, banyak menerima laporan telah terjadinya longsor tersebut, namun setelah diperiksa ke lapangan oleh petugas peristiwa tersebut tidak ada atau hoax,” katanya, saat dihubungi Antara, Sabtu (2/4/2016).

Kemarin, 1 April adalah hari yang publik kenal dengan hari April Mob, saat orang banyak saling menggoda orang lain dengan lelucon atau hal-hal sejenis.

Dia menjelaskan, saat ini sejumlah relawan turun ke sejumlah lokasi yang disebut terkena bencana alam, mulai dari pergerakan tanah, longsor dan banjir, seperti “dilaporkan” di Pasir Kuda dan Cibeber.

Dia mengimbau agar warga mencari informasi yang tepat perihal bencana alam, tidak langsung percaya dengan informasi yang beredar melalui jejaring soal maupun BBM yang belum tentu kebenaranya.”Pastikan pada petugas kami atau bisa menghubungi aparat kepolisian terdekat,” katanya.

Sementara sejumlah pesan singkat melalui BBM beredar di Cianjur, memberitahukan bahwa Jalur Puncak tepatnya di Jalan Raya Ciloto, amblas sepanjang 50 meter, sehingga jalur utama yang menghubungkan Cianjur, Bogor, Jakarta dan seterusnya, terisolir.

“Saya juga dapat dari teman makanya bertanya pada teman-teman wartawan, ternyata bohong karena poto yang saya terima lewat BBM bukan di Puncak tapi di Brebes-Jateng, memang fotonya hampir mirip jalan Puncak,” kata Indra Baa (40), warga Cianjur yang hendak berangkat ke Jakarta.

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….