Sport
Minggu, 3 April 2016 - 19:45 WIB

INDIA OPEN 2016 : Ditekuk Wakil Tiongkok, Riky/Richi Jadi Runner Up

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Riky-Richi (Badmintonindonesia.org)

India Open 2016 mengabarkan Riky/Richi yang menjadi runner up.

Solopos.com, NEW DELHI — Ganda campuran Indonesia, Riky Widianto/Richi Puspita Dili, mengakhiri India Open Super Series 2016 sebagai runner up turnamen. Riky/Richi dikalahkan unggulan ketujuh asal Tiongkok, Lu Kai/Huang Yaqiong dengan skor 13-21 dan 16-21.

Advertisement

Ini menjadi capaian terbaik mereka setelah kembali berpasangan di awal 2016. Riky/Richi sebelumnya sudah berpasangan sejak tahun 2013. Namun memasuki pertengahan tahun 2015, mereka sempat dipecah.

Pada turnamen pertamanya di Thailand Masters 2016 lalu, mereka tak bisa banyak bicara, karena langsung kalah di babak pertama. “Kami bersyukur bisa mendapat hasil ini. Tapi tentu kami belum puas di posisi kedua. Semoga penampilan kami berikutnya bisa lebih baik,” kata Richi, dilansir Badmintonindonesia.org, Minggu (3/4/2016).

Di babak final India Open 2016, Riky/Richi tak banyak memberikan perlawanan mematikan. Serangan lawan, diakui keduanya, cukup mendominasi sejak awal pertandingan. Riky/Richi tak mampu melampaui perolehan angka dari lawan.

Advertisement

“Dari awal kami banyak keserang terus. Mereka nggak memberikan kesempatan kami berkembang. Kami pun banyak terbawa pola permainan mereka,” ujar Riky.

Riky/Richi sudah tiga kali bertemu dengan Lu/Huang, dan belum pernah menang. Terakhir mereka berhadapan di Swiss Open 2015, Riky/Richi kalah dengan skor 16-21 dan 13-21.

Dalam perjalanannya di India Open Super Series 2016, Riky/Richi tidak menghadapi lawan yang enteng begitu saja. Lolos babak pertama, Riky/Richi dihadang pemain unggulan enam asal Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah.

Advertisement

Laga tak mudah juga terjadi di perempat final India Open 2016. Dimana Riky/Richi harus bermain tiga game selama 80 menit, untuk menang dari Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen yang merupakan unggulan ketiga asal Denmark.

“Dari babak awal lawan kami juga bisa dibilang enggak mudah. Apalagi saat lawan Denmark, tidak bisa bohong kalau energi kami banyak terkuras di sana. Sementara Lu/Huang dari awal tampak full energi. Jadi kami banyak keserang duluan,” jelas Richi.

Meski tak berhasil bawa gelar dari nomor ganda campuran, Indonesia sudah dipastikan dapat satu gelar dari ganda putra India Open 2016. Setelah ini akan bertanding perang saudara, antara Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Gideon Marcus Fernaldi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif