Ilustrrasi uang (JIBI/Bisnis/Rachman) Ilustrrasi uang (JIBI/Bisnis/Rachman)
Minggu, 3 April 2016 23:20 WIB Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

EKONOMI KREATIF
Yellowteeth Berawal dari Dua Gigi Palsu

Ekonomi kreatif ada saja ide untuk berbisnis

Solopos.com, JOGJA--Erwan Hersi Susanto dan Fitria Wulandari sepasang suami istri yang berkolaborasi membuat produk artist merchandise Yellowteeth. Nama produk diambil dari cerita tentang dua gigi palsu.

Erwan menjelaskan, nama itu diambil karena ia memiliki dua gigi palsu dan warna gigi palsu itu berbeda dengan gigi aslinya.

“Karena gigi palsu itu warnanya agak kuning, jadi saya pakai nama Yellowteeth. Awalnya untuk komik,” papar dia kepada Harian Jogja, Jumat (1/4/2016).

Selain komik, Yellowteeth memiliki produk-produk yang dinamai artist merchandise. Produk yang dimiliki antara lain tote bag, sarung bantal, dompet, kaus, tatakan gelas, dan masker. Setiap desain ia buat sendiri dengan ide-ide yang diambil dari komik dan benda-benda yang ada di sekitarnya seperti ceret, sepatu, radio kuno, kamera kuno, dan lainnya. Selain itu ada juga balon-balon kata yang dibuat unik serta menggelitik.

Erwan dan istrinya selalu menyiapkan paling tidak 10 buah setiap jenisnya. Jika sudah ada produk yang dijual, akan dibuat produk baru dengan ide desain yang baru. Ia masih memproduksi semua item sendiri di workshop di Bugisan. Jika pesanan melebihi kapasitas, maka ada personel tambahan yang akan membantu menjahitkan.

Selain penjualan di workshop, ia juga menggenjot penjualan secara online. Pemesanan paling jauh berasal dari Memphis. Setiap bulan, rata-rata ia bisa mendapatkan omzet Rp3 juta. Untuk tas dijual dengan harga Rp50.000 hingga Rp150.000, dompet Rp20.000 hingga Rp30.000, sarung bantal Rp50.000, sarung bantal lengkap dengan bantalnya Rp70.000.

Ke depan, ia berharap bisa  membuka outlet sendiri dan memperbanyak produk. Ia mengaku, untuk mempertahankan idealismenya cukup sulit karena memiliki produk yang unik. Produk-produknya bisa dilihat di instagram @yellowteethshop. “Tapi penerimaan pasar sangat baik. Saya kadang heran kalau lihat ada yang makai produk. Ternyata memang ada peminatnya,” papar dia.

lowongan pekerjaan
PT BACH MULTI GLOBAL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…