Teknologi
Minggu, 3 April 2016 - 15:00 WIB

APRIL MOP : Qlue-Jek Ternyata Hanya Lelucon!

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Qlue Jek (Liputan6.com)

Teknologi terbaru drone Qlue-Jek hanya untuk merayakan April Mop.

Solopos.com, JAKARTA — Sebelumnya beredar informasi kalau Qlue yang merupakan aplikasi smart city kebangaan Jakarta ingin melebarkan sayapnya ke jasa kirim barang. Pengirimannya akan dilakukan menggunakan drone, namun kabar ini ternyata hanya lelucon.

Advertisement

Layanan kirim barang ini dinamai QLue-Jek. Konsep yang ditawarkan adalah pengiriman barang menggunakan teknologi terbaru drone yang dikendalikan oleh mantan pilot helikopter Basarnas.

Teknologi terbaru drone Qlue-Jek juga mengkombinasikan pengendaliannya dengan headset virtual reality (VR) sehingga pilot tetap bisa memantau keadaan sekitar drone ketika menerbangkannya.

Meski sempat terkagum-kagum dengan konsep tersebut, tetap terbesit keraguan teknologi terbaru benar-benar sudah siap diterapkan di langit Jakarta. Apalagi perusahaan sekelas Amazon yang juga ingin menawarkan konsep serupa saja sampai saat ini masih berkutat dengan uji coba.

Advertisement

Di sisi lain, penggiat drone juga meragukan penggunaan drone yang dipilih. Pasalnya pemilihan tenologi terbaru drone yang dipakai dianggap tak cocok dengan tujuannya yang digunakan untuk mengangkat beban dengan berat maksimal 5 kg.

“Dia menggunakan teknologi terbaru drone Phantom dan buatan Tiongkok yang kecil. Boro-boro angkat barang, bawa kamera GoPro saja sudah kepayahan,” kata pria yang kerap dipanggil Dan itu seperti dikutip dari Detik, Minggu (3/4/2016).

Benar saja, tak ingin malah menimbulkan polemik, penggarap aplikasi Qlue langsung melontarkan konfirmasi. Dipastikan kalau teknologi terbaru Qlue-Jek hanyalah lelucon dengan tujuan merayakan April Mop.

Advertisement

Namun lewat situs resminya, Qlue juga ingin mengajak masyarakat Indonesia agar berani mengudarakan mimpi dan #BERANIBERUBAH dalam menemukan sebuah solusi teknologi digital masa depan.

Harapannya adalah bisa membuka pikiran masyarakat Jakarta untuk berani memulai inovasi dan memacu ide-ide kreatif untuk memberikan perubahan positif bagi kota tempat tinggalnya.

“Ini benar-benar kami lakukan sebagai ajakan dan seru-seruan bersama QLUErs, bukan bertujuan untuk merugikan masyarakat luas.. Meski kebetulan memang bertepatan dengan momen April Mop,” jelas Qlue lewat keterangan resminya. https://www.youtube.com/watch?v=TxqfwtTjS0k

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif