Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)
Sabtu, 2 April 2016 04:40 WIB Uli Febirarni/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

UJIAN NASIONAL
Siswa Peserta UNBK Optimistis Bisa Mengerjakan Soal

Walaupun kuantitas dan kualitas belajarnya meningkat ketika semakin mendekati UN, namun ia tidak menjadikan hal ini sebagai beban

 

 

Solopos.com, JOGJA-Siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) optimis dapat mengikuti UN dengan baik.

Seperti dikemukakan oleh salah seorang siswa kelas XII IPA SMA Negeri 10 Jogja Ayu Rahma Paramesti, yang mengaku cukup santai menghadapi UN. Walaupun kuantitas dan kualitas belajarnya meningkat ketika semakin mendekati UN, namun ia tidak menjadikan hal ini sebagai beban. Sejauh ini ia telah mempersiapkan diri dengan latihan-latihan soal, dan mencari banyak model soal dari berbagai sumber.

“Tapi semua dibawa santai saja, takut malah stres sendiri. Yang penting selalu jaga kesehatan,” ujarnya, Jumat (1/4).

Disinggung soal target pribadi dalam UN, ia menyebut ingin mendapat nilai minimal delapan untuk tiap mata pelajaran. Target ini ia tetapkan untuk mendukung upaya ia menggapai cita-cita.

Sebelumnya, siswa kelas XII Teknik Komputer Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jogja Allan Chevy Alfan mengungkapkan, dari proses mengikuti try out, ia melihat ternyata soal yang diujikan tidak terlalu sulit. Ia sendiri yakin bahwa dirinya mampu menjawab dengan benar 75 persen dari total jumlah soal yang dikerjakan.

“UNBK juga membuat UN lebih enak, lebih nyaman, lebih efisien tidak harus melingkari bulatan soal. Untuk mata pelajaran bahasa inggris, kami juga merasa terbantu dengan penggunaan headset saat mengerjakan soal ‘listening’, terdengar lebih jelas,” terangnya.

Dijumpai di sela pemberian Motivasi dan Doa Bersama Menjelang UN 2016 di SMA N 10 Jogja, Seorang motivator yaitu Shinta mengungkapkan, anak-anak masih sering memiliki ketidakpercayaan diri saat menghadapi UN. Padahal mereka sesungguhnya bisa mengerjakan soal. Sehingga ia mengajak anak-anak untuk dapat memotivasi diri mereka sendiri.

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…