Ilustrasi naslah soal Ujian Nasional (JIBI/Dok) Ilustrasi naslah soal Ujian Nasional (JIBI/Dok)
Sabtu, 2 April 2016 19:00 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Solo Share :

UJIAN NASIONAL
Naskah Soal UN SMA Tiba Di Solo, Ini Lokasi Penyimpanan Naskah

Ujian nasional, SMKN 2 Solo menjadi lokasi penyimpanan sementara naskah soal UN sebelum didistribusikan di subrayon.

Solopos.com, SOLO–Naskah Ujian Nasional (UN) 2016 berbasis kertas tiba di Kota Solo, Sabtu (2/4/2016). Naskah tersebut akan digunakan 1.477 siswa SMA/SMK atau sederajat untuk mengikuti ujian pekan depan.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, naskah ujian tiba di SMKN 2 Solo yang merupakan salah satu subrayon penyelenggara UN sekitar pukul 03.15 WIB. Pengiriman dari percetakan di wilayah Kudus dikawal panitia UN Solo beserta aparat Polda Jateng. Naskah disimpan rapat dalam gudang transit. Selain dikawal petugas, ada kamera closed circuit television (CCTV) untuk menjaga keamanan ruangan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Etty Retnowati, mengatakan naskah ujian disimpan sementara di SMKN 2 sebelum didistribusikan ke subrayon, Minggu (3/4/2016). Ada tiga subrayon penyelenggara UN di Solo yakni SMAN 1 untuk jenjang SMA/MA serta SMKN 2 dan SMKN 6 untuk subrayon jenjang SMK.

“Distribusi naskah dari Kudus lancar. Besok pagi akan disalurkan ke masing-masing subrayon,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com.

Meski masih melibatkan kepolisian, Etty mengatakan pengawalan naskah ujian tak seketat tahun-tahun sebelumnya. Hal itu karena mayoritas peserta ujian akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Peserta ujian tulis jenjang SMA/SMK/MA di Solo sebanyak 1.477 siswa dari total 7.211 peserta UN. Ujian berbasis kertas akan dilaksanakan di 16 SMA, 19 SMK, 7 MA dan 7 SMA-LB (Luar Biasa).

“Yang ikut ujian berbasis kertas hanya sekitar 20%. Tidak perlu pengamanan berlebihan. Namun demikian, distribusi ke subrayon tetap ada pengawalan polisi.”

Etty mewanti-wanti siswa mengutamakan kejujuran dalam mengikuti UN pekan depan. Hal itu menurutnya penting meski UN kini tak lagi menjadi standar kelulusan. “Nilai yang diiringi dengan kejujuran akan lebih bermakna,” kata dia. Di sisi lain, Etty mendorong orang tua siswa proaktif menyemangati anak jelang UN.

Kabid Pendidikan Menengah Disdikpora, Unggul Sudarmo, mengatakan pendistribusian naskah ujian ke subrayon akan dikawal Polres. Disinggung jumlah naskah ujian berbasis kertas yang disiapkan, dia belum mengetahui karena masih dalam pengepakan. “Belum boleh dibuka.” Namun dia memerkirakan jumlah soal memadai untuk peserta ujian berbasis kertas.
“Setiap pak biasanya diberi kelebihan satu-dua naskah ujian. Ada pula naskah cadangan, tapi kami belum tahu persis jumlahnya,” kata Unggul.

Sementara itu, SMKN 2 Solo siap menyelenggarakan UNBK selama empat hari, Senin-Kamis (4-7/4/2016). Pejabat humas SMKN 2, Kasmaji, mengatakan ada 603 peserta ujian dari sekolah yang semuanya akan menggunakan UNBK. Dia mengatakan fasilitas pendukung seperti server, komputer hingga genset telah siap. “Kami tinggal menyelesaikan sinkronisasi yang paling lambat harus rampung sore nanti. Kami optimistis tepat waktu,” ujarnya.

lowongan pekerjaan
Accounting, Administrasi, Designer Graphis, Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komodifikasi Hoaks

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (11/9/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Berita tentang Saracen, kelompok yang diduga sebagai salah satu pelaku penyebarluasan konten…