Peluncuran Snapdragon 820 (Liputan6.com) Peluncuran Snapdragon 820 (Liputan6.com)
Sabtu, 2 April 2016 07:30 WIB JIBI/Solopos/Newswire Gadget Share :

TEKNOLOGI TERBARU
100 Perangkat Siap Pakai Snapdragon 820

Teknologi terbaru prosesor Snapdragon 820 akan digunakan lebih dari 100 perangkat.

Solopos.com, SINGAPURA — Tak hanya smartphone, Qualcomm berjanji akan menyematkan prosesor Snapdragon 820 ke perangkat lain seperti tablet. Bahkan rencananya perusahaan yang berbasis di San Diego itu telah menyiapkan lebih dari 100 perangkat yang akan diperkuat oleh prosesor teranyarnya itu.

Seperti dilansir Liputan6.com, Jumat (1/4/2016), sayangnya, Qualcomm enggan membocorkan perangkat apa saja yang akan kebagian teknologi terbaru Snapdragon 820.

President APAC & India Qualcomm, Jim Cathey, hanya mengatakan perangkat-perangkat tersebut akan hadir dalam desain berbeda, dalam arti tidak hanya smartphone dan tablet.

“Untuk saat ini teknologi terbaru Snapdragon 820 sudah menyokong beberapa flagship smartphone besutan vendor ternama. Meski begitu, kami telah mempersiapkan sekitar lebih dari 100 desain yang akan diperkuat dengan Snapdragon 820,” kata Cathey pada gelaran Snapdragon 820 South East Asia Debut yang diselenggarakan di Grand Hyatt, Singapura, Kamis (31/3/2016).

Pada kesempatan yang sama, Country Head Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong, mengungkap perangkat-perangkat ini nantinya akan hadir dalam segmennya masing-masing, seperti otomotif, kesehatan, smart device, dan lainnya.

Ia menuturkan kekuatan teknologi terbaru prosesor Snapdragon 820 memang dirancang oleh Qualcomm untuk tidak hanya di smartphone, tetapi juga untuk perangkat lainnya. “Kapabilitas Snapdragon 820 memang didesain tidak hanya untuk smartphone. Prosesor ini bisa jadi mesin atau otak perangkat,” ujar Ong menerangkan.

“Namun, untuk saat ini yang dikomersialkan baru pada smartphone. Kalau tidak salah yang sudah mengumumkan menggunakan teknologi Snapdragon 820 itu vendor otomotif, Audi, dan mereka akan aktif menggunakannya pada 2017,” tutur Ong lebih lanjut.

Sekadar informasi, teknologi terbaru Snapdragon 820 kini baru digunakan pada tujuh jenis smartphone seperti HP Elite X3, Xiaomi Mi5, LeEco (LeTV) LeMax Pro, Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy S7 Edge, LG G5, dan Sony Xperia X Series.

Qualcomm Sediakan IoT

Internet saat ini seolah menjadi backbone dari ekosistem saat ini. Internet of Thing (IoT) telah menjadi pembicaraan yang hangat di masyarkat urban.

Bicara tentang IoT, diperlukan teknologi untuk menunjangnya. Qualcomm mengaku telah siap dengan perubahan tersebut dan telah menyediakan teknologi untuk menunjang IoT.

“Teknologi IoT di Indonesia cukup pesat, aplikasi use case juga banyak, tapi insfrastruktur masih belum. Kalau secara teknologi kami sudah available,” kata Shannedy Ong, seperti dikutip dari Okezone, Jumat.

Disinggung kemampuan teknologi teraru Snapdragon 820 untuk IoT, ia menuturkan, IoT bergantung pada aplikasi. Menurutnya, bila itu hanya sending informasi saja tak perlu menggunakan Snapdragon 820.

Sekadar informasi, IoT menjadi salah satu project Qualcomm dengan teknologi terbaru Snapdragon 820. Tak hanya itu, virtual reality (VR) dan konektivitas menjadi proyek Snapdragon 820.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…