Valentino Rossi (Motogp.com)
Sabtu, 2 April 2016 22:00 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Balap Share :

MOTOGP ARGENTINA 2016
Rossi Khawatirkan Hujan

Motogp 2016 GP Argentina diwarnai dengan Valentino Rossi yang mengkhatirkan hujan turun saat balapan.

Solopos.com, SOLO – Valentino Rossi menuai hasil tak maksimal pada sesi latihan bebas pada Motogp Argentina 2016, Jumat (1/4/2016). Rossi gagal menembus lima besar pada sesi tersebut.

Rossi menduduki posisi keenam pada sesi latihan bebas pertama dan menduduki peringkat ketujuh di sesi latihan bebas kedua. Meski begitu ia lebih baik ketimbang rekan setimnya, Jorge Lorenzo, yang justru terlempar dari 10 besar pada dua sesi latihan bebas.

Rossi menyebut lintasan yang basah menjadi kendala tersendiri saat dia tancap gas pada sesi latihan bebas di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Dia pun berharap hujan tak turun saat sesi kualifikasi dan balapan utama.

“Sulit untuk semuanya karena lintasannya sangat licin dan sangat kotor, terutama pagi ini. Di siang hari kondisinya membaik tapi kami masih dalam masalah. Jadi kami harap kondisi lintasan, daya cengkram, akan membaik di hari Sabtu, dan terutama untuk Minggu,” ujar Rossi seperti dikutip dari Crash.net, Sabtu (2/4/2016).

“Rasanya seperti sedikit basah. Anda harus masuk ke tikungan dengan lebih lambat karena motornya meluncur cukup banyak, depan dan belakang, pada sisi-sisinya. Jadi sudut kemiringan kurang jika dibanding kondisi normal dan Anda juga harus membalap dengan sangat mulus, jika Anda membuat kesalahan Anda bisa keluar lintasan karena itu sangat licin,” imbuhnya.

Selain khwatir akan turun hujan, Rossi juga menyanjung rivalnya, terutama Honda pada sesi latihan bebas. Menurut The Doctor, Honda terlihat cepat pada sesi itu. Terbukti Marc Marquez menjadi runner up di sesi latihan bebas pertama dan posisi pertama di sesi latihan bebas kedua. Sementara Dani Pedrosa berada di posisi ketujuh dan kedua.

“Pada akhirnya saya bisa menjalani lap yang bagus, tapi sepertinya karena kurang punya daya cengkram kami kesulitan dengan Yamaha. Kelihatannya Honda sedikit lebih cepat dibanding kami. Bukan hanya para pebalap pabrikan, tapi juga [Jack] Miller dan [Carl] Cruthlow,” kata Rossi.

“Di atas kertas, dan sudah sering terjadi, jika kondisi lintasan bagus maka Yamaha akan cepat. Jadi untuk alasan ini kami berharap cuaca yang bagus besok [Sabtu dan Minggu], karena jika hujan akan memberi efek besar di kualifikasi. Bahkan jika Minggu kering, dan andai Sabtu hujan, Anda sudah memulai [perjuangan] sejak hari ini. Trek yang sangat licin. Jadi akan lebih baik jika tetap kering dan lintasannya menjadi lebih baik lagi,” tuntas pembalap 37 tahun itu.

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…