Sir Alex Ferguson. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters
Sabtu, 2 April 2016 04:00 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Inggris Share :

KABAR PELATIH
Fergie Peringatkan Guardiola

Kabar pelatih Josep Guardiola yang mendapat peringatan dari Sir Alex Ferguson.

Solopos.com, MANCHESTER — Rencana kedatangan Josep “Pep” Guardiola menangani Manchester City di Liga Premier mulai musim depan mendapat tanggapan dari mantan bos Manchester United, Sir Alex Ferguson. Fergie, sapaan akrab Ferguson, sangat yakin Guardiola akan membutuhkan wktu untuk beradaptasi di Liga Premier.

Pelatih berkepala plontos tersebut memang memiliki karier cemerlang bersama Barcelona maupun Bayern Munich. Namun, Guardiola diperkirakan tidak bakal langsung nyetel dengan gaya permainan Liga Premier yang dikenal dengan kick and rush.

“Tak diragukan, Pep punya etos kerja yang fantastis. Dia punya kemampuan sebagai pelatih hebat, tidak diragukan lagi. Manchester City telah melakukan kudeta nyata untuk mendapatkan dia,” jelas Ferguson yang mengoleksi 13 gelar Liga Premier bersama United itu, seperti dilansir Reuters, Kamis (31/3/2016).

“Namun Pep tidak akan mudah menemukan itu [ritme], sepak bola Inggris tidak mudah. Setiap pelatih asing yang datang ke Inggris akan memberi tahu Anda akan hal itu. Arsene Wenger [manajer Arsenal] mengatakan itu beberapa bulan saat tiba di Inggris, begitu juga dengan Jose Mourinho [mantan pelatih Chelsea],” ujar kakek berusia 74 tahun tersebut.

Sementara itu, Ferguson meminta fans United bersabar dengan kepemimpinan Louis van Gaal. Setelah tergusur dari Liga Champions dan Liga Europa, United berjuang keras untuk bisa finis di peringkat empat besar Lig Premier.

“Mudah mengkritik. Namun Anda harus realistis tentang beberapa hal. Banyaknya pemain yang cedera, Phil Jones bermain hanya tujuh laga musim ini, Ashley Young, Antonio Valencia, dan [Luke] Shaw, United mengalami banyak kehilangan pemain. Tak masalah tim Anda seperti apa, jika banyak pemain absen itu akan berdampak besar pada tim,” ujar Ferguson.

Ferguson pun menilai Leicester City yang unggul lima poin atas Tottenham Hotspur di puncak klasemen sementara Liga Premier pantas mengangkat gelar juara di akhir musim ini. “Saya melihat hanya Tottenham yang membahayakan mereka [Leicester]. Untuk saat ini, Tottenham memainkan permainan terbaik sejauh yang saya lihat beberapa tahun ini. Namun Leicester sudah berada di ambang juara, mereka akan mencapai itu dengan kebersamaan mereka. Konsistensi mereka di sepanjang musim menjadi kuncinya,” jelas Fergie.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…