Gary Neville (Telegraph)
Sabtu, 2 April 2016 03:00 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Inggris Share :

KABAR PELATIH
Alumni Timnas Inggris 96’ Jeblok di Kursi Manajemen

Kabar pelatih yang merupakan penggawa Timnas Inggris di Euro 1996 jeblok.

Solopos.com, LONDON – Sebagian besar Alumni Timnas Inggris yang bermain di Euro 1996 menjajal peruntungan sebagai pelatih selepas gantung sepatu. Namun sebagian besar tidak beruntung di kursi pelatih.

Salah satunya, Gary Neville yang resmi dipecat Valencia setelah menelan 11 kekalahan dalam 28 laga bersama tim berjuluk Kelelawar Mestalla itu. Berikut di antara pemain jebolan Timnas Inggris di Euro 1996 yang menjajal kursi manajemen seperti dikutip dari Dailymail.co.uk, Kamis (31/3/2016):

1. Stuart Pearce

Pada 2005, Pearce menggantikan Kevin Keegan sebagai manajer Manchester City namun ia dipecat pada 2007. Pearce sempat menangani Timnas Inggris U-21 untuk Olimpiade 2012. Dia juga menjadi pelatih Nottengham Forest namun kemudian dipecat meski belum genap satu musim.

2. Tony Adams

Adams memustuskan gantung sepatu pada 2002 dan menjadi pelatih Wycombe pada 2003. Dia sempat melatih Portsmouth sebelum pindah menangani klub Liga Premier Azerbaijan, Gabala FC.

3. Gareth Southgate

Southgate melatih Middlesbrough  selama tiga tahun setelah gantung sepatu. Sekarang, dia menangani Timnas Inggris U-21.

4. Paul Ince

Ince  memulai karier sebagai pelatih bersama Macclesfield Town. Dia bergabung dengan Macclesfield ketika mereka menjadi juru kunci di League Two. Ia sempat membut tim itu bangkit. Ince juga pernah menjajal karier di MK Dons, Blackburn, Notts County, dan Blackpool.

5. David Platt

Platt memulai karier manajerialnya sebagai pelatih bersama klub Italia, Sampdoria. Ia meninggalkan kursi manajerial Manchester City ketika Roberto Mancini dipecat pada 2013. Dia kemudian menjadi pelatih kepala di Pune City, klub Liga Super India pada 2015.

6. Paul Gascoigne

Gazza, julukan Gascoigne, menangani klub amatir Kettering. Namun ia hanya bertahan 39 hari. Ia nyaris bergabung dengan Garforth Town pada Oktober 2010.

7. Alan Shearer

Shearer menangani klub yang membesarkannya Newcastle pada  April 2009 dalam delapan laga tersisa musim itu.  Dia berhasil membawa The Magpies lolos dari degradasi. Namun ia tidak sukses. Ia sempat bernegosiasi dengan Cardiff pada 2011, namun tidak ada progres. Dia kemudian menjadi pundit BBC1.

8. Teddy Sheringham

Pada 2014, Sheringham menjadi pelatih striker di West Ham United. Ia kemudian meneruskan karier manajerial bersama Stevenage pada Juni 2014. Sheringham dipecat pada Februari lalu setelah timnya hanya meraih tiga poin dari 24 poin yang bias diperoleh di League Two.

9. Robbie Fowler

Fowler bermain di Australia dan Thailand sebelum gantung sepatu pada 2012. Dia menjadi salah satu staf pelatih di MK Dons, Muangthong United, dan akademi Liverpool.

10. Ian Walker

Walker pensiun pada 2008 dan memulai langkah manajerial pada 2011 bersama klub amatir, Bishop’s Stortford. Pada April 2012, Walker bergabung dengan mantan rekannya di Bolton, Nicolas Anelka, di Liga Super Tiongkok, Shanghai Shenhua  dan menjadi pelatih kiper klub tersebut. Pada 2014, dia pindah ke Shanghai East Asia dan meneken kontrak hingga 2017.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…