Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)
Jumat, 1 April 2016 19:40 WIB Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos Pendidikan Share :

UJIAN NASIONAL SOLO
Sinkronisasi UN 2016 di Kota Solo Selesai Besok

Ujian Nasional Solo, Disdikpora Solo berharap sinkronisasi UN 2016 selesai besok.

Solopos.com, SOLO–Tahap sinkronisasi dalam Ujian Nasional (UN) 2016 dengan sistem ujian berbasis komputer (UNBK) di Kota Solo ditargetkan clear, Sabtu (2/4/2016). Sejumlah SMA/SMK pelaksana UNBK tersebut bahkan sudah memulai sinkronisasi sejak Kamis (31/3/2016).

Hal itu dibenarkan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, yang juga selaku Ketua Panitia UN 2016 Kota Solo, Aryo Widyandoko, saat dimintai informasi, Jumat (1/4/2016).

Aryo mengemukakan sesuai Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2016, sinkronisasi data untuk UNBK dijadwalkan H-7 sampai H-2 UN, yaitu Sabtu ini.
“Menurut laporan, sudah ada SMA/SMK yang melakukan sinkronisasi mulai kemarin (Kamis). Targetnya, untuk sinkronisasi tersebut Sabtu sudah clear. Artinya SMA/SMK yang akan menggelar UNBK sudah semuanya melakukan sinkronisasi dan selesai, jadi Senin tinggal pelaksanaannya,” ujar Aryo. Menurutnya, proses sinkronisasi, termasuk di dalamnya pengunduhan soal-soal UN, tidak menemui kendala berarti.

Sementara untuk ujian berbasis kertas, Aryo mengatakan tim dari Panitia UN berangkat ke Kudus untuk mengambil naskah soal berikut lembar jawab komputer (LJK). Aryo memastikan ada naskah soal maupun LJK cadangan. Namun penentuan kuota naskah soal maupun LJK tersebut, lanjutnya, menjadi kewenangan Panitia UN 2016 Provinsi Jawa Tengah.

“Untuk cadangan langsung ditentukan Panitia Provinsi karena menyesuaikan jumlah naskah soal yang didistribusikan untuk Kota Solo,” imbuhnya.

Terpisah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMK Negeri (SMKN) 9 Solo, Daryana, mengatakan, sinkronisasi dilaksanakan SMKN 9, Jumat. Menurutnya sejauh ini tidak ada kendala yang menghambat proses tersebut. Rencananya, Minggu (3/4/2016), SMKN 9 mencoba menggunakan genset.

“Ini digunakan sebagai langkah antisipasi jika saat UNBK berlangsung tiba-tiba listrik padam,” terangnya.

UNBK di SMKN 9 akan diikuti 394 siswa yang terbagi dalam delapan ruang. Sementara itu, Kepala SMAN 8 Solo, E. P. Agustina, mengatakan sinkronisasi di SMAN 8 sudah dilaksanakan Kamis. Tahapan tersebut selesai tanpa kendala berarti.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…