Jatim
Jumat, 1 April 2016 - 17:05 WIB

UJIAN NASIONAL 2016 : Proses Unduh Soal UNBK Rawan Gangguan, Begini Antisipasinya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)

Ujian Nasional 2016 untuk SMA sederajat digelar mulai Senin (4/4/2016).

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG  – Persiapan menjelang Ujian Nasional (UN) 2016 terus digeber. Di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, beberapa sekolah penyelenggara ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk SMA sederajat mulai mengunduh soal ujian nasional dengan teknik sinkronisasi antar-server yang terhubung dengan sistem pusat, Kamis (31/3/2016).

Advertisement

Koordinator Guru Pengawas UNBK atau disebut dengan istilah Proktor Tulungagung, Junaidi, mengatakan pada Kamis ada dua sekolah yang sudah melakukan sinkronisasi. “Jumat [1/4/2016] dilanjutkan lagi beberapa sekolah, secara bertahap,” kata dia.

Menurut Junaedi, proses sinkronisasi antara server sekolah yang terhubung langsung dengan server milik panitia penyelenggara UNBK tingkat pusat di Jakarta tersebut, merupakan tahapan yang rawan gangguan.

Sebab, kata dia, jika terjadi ketidakstabilan koneksi jaringan Internet ataupun arus tegangan listrik bisa menyebabkan proses pengunduhan soal UNBK yang tersimpan di komputer server pusat macet.

Advertisement

Dua sekolah di Tulungagung yang mendapat akses sinkronisasi antar-server lebih awal tersebut adalah SMK Sore dan SMA Negeri 1 Ngunut.

Kendati hari pertama sinkronisasi lancar, Junaidi tetap mengantisipasi potensi masalah selama proses pengunduhan soal di beberapa sekolah lain. Salah satu yang perlu dipersiapkan oleh masing-masing sekolah penyelenggara UNBK, kata dia, yakni melakukan pembaruan atau upgrade terhadap komputer server milik sekolah bersangkutan.

Menurut Junaidi, hal itu perlu dilakukan untuk memperbaiki aplikasi sebelumnya agar saat mengunduh soal tidak ada kendala (macet). “Jadi, sebelum download soal, harus update aplikasi patch terlebih dahulu. Aplikasi tersebut berfungsi memperbarui software UNBK,” ujar Junaidi.

Advertisement

Menurut keterangan Proktor SMK Sore, Fajar, proses sinkronisasi di sekolah tempat ia mengajar berjalan lancar. “Ini tadi sinkronisasi ke server pusat, dalam tempo 15 menit sembilan data soal sudah berhasil kami unduh dari sini,” tutur Fajar melalui telepon.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif