Penyimpanan soal UN SD di Mapolres Tulungagung, Selasa (12/5/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko) Penyimpanan soal UN SD di Mapolres Tulungagung, Selasa (12/5/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)
Jumat, 1 April 2016 21:50 WIB Imam Yudha Saputra/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

UJIAN NASIONAL 2016
Dini Hari Nanti, Soal UN Semarang Tiba

Ujian Nasional 2016 soal-soalnya akan tiba di Kabupaten Semarang, Sabtu (2/4/2016) dini hari nanti.

Solopos.com, UNGARAN – Ribuan lembar soal ujian nasional (UN) untuk pelajar SMA dan sederajat di Kabupaten Semarang dijadwalkan tiba Sabtu (2/4/2016) dini hari. Soal-soal itu akan tiba dengan pengawalan personel Polres Semarang di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Semarang.

“Jika tidak ada masalah, Insya Allah soalnya tiba di Ungaran, Sabtu [2/4/2016] sekitar pukul 02.00. Setelah tiba, soalnya akan kami simpan di salah satu ruangan di Kantor Dinas. Baru, Minggu [3/4/2016], kami distribusikan ke tiap-tiap sub rayon,” tutur Ketua Panitia Pelaksana UN 2016 Kabupaten Semarang, Adi Prasetyo, saat dijumpai Semarangpos.com di ruang kerjanya, Jumat (1/4/2016).

Adi menambahkan setelah diterima masing-masing sub rayon, soal-soal itu akan didistribusikan ke setiap sekolah beberapa saat sebelum UN dimulai, yakni Senin (4/4/2016). Saat diterima sekolah itu, soal harus dalam posisi masih tersegel.

“Saat ini tim kami sedang melakukan verifikasi dan loading naskah soal di PT Pura Barutama, Kudus, selaku perusahaan yang mendapat tender mencetak soal itu. Dari sana, soal itu dalam kondisi tersegel dan harus diterima seperti itu di masing-masing sekolah,” imbuh Adi.

Adi menambahkan untuk UN tingkat SMA sederejat tahun ini di Kabupaten Semarang akan diikuti sebanyak 8.491 pelajar, dengan ruang ujian mencapai 332 unit. Para pelajar itu terdiri dari, pelajar SMA sebanyak 2.909 orang, Madrasah Aliyah (MA) 686 siswa, SMK sebanyak 4.894 siswa, dan SMA Luar Biasa (LB) sebanyak dua siswa.

UN di Kabupaten Semarang dibagi dalam dua sistem, yakni paper based [menggunakan kertas] serta computer based [UNBK]. Untuk soal UNBK, penyesuaianya sudah dilakukan Dinas P dan K sejak Kamis (31/3/2016), di mana setiap sekolah yang menyelenggarakan UNBK sudah melakukan pengunduhan soal dari server pusat di Jakarta.

“Soalnya sudah diunduh tiap-tiap sekolah. Tapi, meski sudah diunduh soal ini tidak bisa dibuka karena token [password] baru akan diberikan sesaat sebelum ujian dimulai,” terang Adi.

LOWONGAN PEKERJAAN
SUPERVISOR JAHIT & PENJAHIT HALUS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…