Pencari kerja menyiapkan berkas lamaran pekerjaan di bursa kerja di Gedung Wanita, Semarang, Rabu (29/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo) Pencari kerja menyiapkan berkas lamaran pekerjaan di bursa kerja di Gedung Wanita, Semarang, Rabu (29/7/2015). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)
Jumat, 1 April 2016 07:00 WIB Evi Handayani/JIBI/Solopos.com Fokus Share :

TIPS KARIER
Pahami, Latar Belakang Almamater Tak Melulu Jadi Tolok Ukur Diterima Kerja

Tips karier ini mengulas tentang seberapa penting asal sekolah seseorang saat melamar pekerjaan?

Solopos.com, SOLO — Selama ini, banyak orang beranggapan latar belakang universitas atau dari sekolah mana seseorang lulus, menjadi faktor kesuksesan seseorang diterima kerja. Benarkah?

Dikutip Solopos.com dari The Muse, Selasa (29/3/2016), almamater seseorang tak melulu jadi tolok ukur pihak perusahaan dalam merekrut karyawan.

Dilansir laman keuangan Learnvest, survei sebuah organisasi Lumina Foundation menunjukkan fakta bahwa banyak bagian manajer human resources (HRD) tidak peduli dengan dari mana calon karyawannya lulus.

Sementara survei kepada 600 pemimpin perusahaan, memaparkan hal terpenting pihak perusahaan mempertimbangkan seseorang adalah dengan melihat wawasan di dunia kerja, dan keterampilan apa saja yang dimiliki si pelamar pekerjaan.

Peneliti dunia pekerjaan, Gallup mengungkapkan seberapa baik karier seseorang tergantung pada pengalaman kerjanya, tak peduli dari mana seseorang lulus. Sebagai informasi, latar belakang almamater hanya berpengaruh sekitar 9% dari prosenatse 100%, dalam penentuan karyawan.

“Mendapatkan pekerjaan dan mencapai kesuksesan jangka panjang dalam karier seseorang mungkin semakin bergantung pada tindak nyata bagi pengusaha, melalui pengalaman dan pembelajaran, dan penargetan terhadap derajat [pendidikan] semakin kurang, bahkan jika mereka dari universitas bergengsi,” kata Gallup.

Meski demikian, tentu bukan berarti Anda sembarangan pula dalam memilih tempat belajar. Pilihlah tempat belajar yang bisa memenuhi kebutuhan ilmu yang Anda inginkan dan aplikasikan ilmu yang Anda pelajari, di dunia kerja sejak masih kuliah. Selain bisa menambah nilai plus ketika Anda melamar pekerjaan di perusahaan bergengsi, pengalaman karena tempaan di dunia kerja bisa membentuk kepribadian kuat dalam diri Anda.

lowongan pekerjaan
SALES ENGINEER, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…