Google for Mobile (Okezone) Google for Mobile (Okezone)
Jumat, 1 April 2016 13:25 WIB JIBI/Solopos/Newswire Android Share :

TIPS ANDROID
Begini Cara Kembangkan Aplikasi Android di Google Play Store

Tips Android kali ini tentang cara mengembangkan aplikasi Android di Play Store.

Solopos.com, JAKARTA — Dalam gelaran Google for Mobile, Head of Business Development Google Play SEA, IN & AU/NZ, Kunal Soni, berbagi kiat untuk mengembangkan Aplikasi android dan sukses di toko aplikasi Google Play Store.

Pertama, Kunal mengatakan pengembang harus memulai mengembangkan aplikasinya konsep good quality. “Kualitas sangat penting karena tidak hanya bagus untuk pengguna, tetapi juga akan bagus untuk bisnis Anda,” katanya seperti dikutip dari Antara, Jumat (1/4/2016).

Untuk meningkatkan kualitas, Kunal menyarankan pengembang untuk menggunakan Alpha Beta Testing. Kunal juga meminta pengembang untuk memperhatikan desain aplikasi Android.

Tidak hanya itu, dia juga memberi saran agar pengembang menyiapkan aplikasi yang dapat digunakan oleh jutaan pengguna, dengan cara mengurangi ukuran APK, memperhatikan jaringan dengan mempertimbangkan penggunaan secara offline, mengurangi ukuran memori aplikasi dan melakukan uji coba di berbagai perangkat.

Kedua, Kunal mengatakan pengembang harus berinteraksi dengan pengguna. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan store experiments, pengembang dapat mengembangkan aplikasi lebih personal untuk pengguna Indonesia dengan membuat aplikasi bercita rasa lokal misalnya memberi promosi saat Ramadan dan Hari Kemerdekaan.

Selain itu, pengembang dapat memanfaatkan Google Sign in yang dapat menghubungkan desktop dengan smartphone untuk mendorong jumlah instalasi, dan melakukan promosi lewat konsol Google lainnya seperti Google Search dan Youtube, serta memanfaatkan Acquisition and Conversion Funnel untuk membantu mengetahui performa aplikasi.

Terakhir, kunci untuk sukses di Play Store, menurut Kunal adalah melakukan monetisasi dengan memilih model bisnis yang tepat. Pengembang dapat memilih cara untuk mendapat keuntungan dari iklan misalnya, membuat aplikasi menjadi berbayar atau dengan model berlangganan layanan aplikasi.

Untuk mendorong pembelian aplikasi, Google telah menurunkan harga aplikasi Android dari Rp12.000 menjadi Rp3.000. Google Play juga menghadirkan sejumlah pilihan model transaksi yakni Google Play Gift Cards yang hadir di 30 negara, Pay Pal yang dapat digunakan di 20 negara.

Pembayaran langsung lewat operator telekomunikasi saat Google telah bekerja sama dengan Telkomsel, Indosat, XL dan 14 perusahan Telko lainnya di Asia Tenggara. “Kunci utama untuk sukses di Google Play adalah kreativitas Anda dalam menciptakan aplikasi itu sendiri,” tutup Kunal.

Kiat Sukses Startup

Dalam acara Google for Mobile di Jakarta, Kamis (31/3/2016), Melissa Irene dari East Venture menyebut, tiga karakter yang wajib diperlukan seorang pendiri untuk mengembangkan usahanya agar terus berjalan ke arah baik.

“Kredibilitas atau kepercayaan harus dipegang seorang founder artinya ia tidak plin plan, lalu ada self awareness agar seseorang tahu kelebihan dan kelemahan dirinya. Terakhir, sifat arogan namun tetap rendah diri, biasa kita sebut paradoks,” sebut Irene.

Ketiga karakter ini diperlukan agar seseorang yang mau mengembangkan startup tidak gampang menyerah di tengah jalan bila terjadi masalah di kemudian hari. Selain karakter, visi dan misi dari sebuah perusahaan rintisan mutlak diperlukan agar tahu tujuan yang ingin dicapai.

“Startup dibangun untuk menjadi problem solving masyarakat. Masalah kompleks dapat menjadi potensi menarik untuk dikembangkan ke arah lebih baik,” tutupnya.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informasi mempunyai misi agar Indonesia memiliki 1.000 teknopreneur. Hal ini menjadi salah satu cita-cita presiden Jokowi agar Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia.

Lowongan Pekerjaan
PT. BPRS Central Syariah Utama Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Nyanyian Sunyi Ekonomi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/9/2017). Esai ini karya Ronny P. Sasmita, Direktur Eksekutif Econ-Act Indonesia dan anggota Staf Ahli Komite Ekonomi dan Industri Nasional. Alamat e-mail penulis adalah ronny_sasmita@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, indeks…