News
Jumat, 1 April 2016 - 12:25 WIB

OPERASI TANGKAP TANGAN : Profil Sanusi, Bang Uci yang Aktif Organisasi Mahasiswa

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mohamad Sanusi (Mohammadsanusi.com)

Operasi tangkap tangan KPK menciduk anggota DPRD DKI Fraksi Partai Gerindra.

Solopos.com, SOLO — Mohamad Sanusi menjadi sosok yang disorot publik saat ini, karena ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dalam operasi tangkap tangan, Kamis (31/3/2016). Lalu, seperti apakah sosok Sanusi alias Bang Uci ini?

Advertisement

Sebagaiman Solopos.com himpun dari akun Twitter dan website Sanusi, Mohamadsanusi.com, Jumat (1/4/2016), adik Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik tersebut memiliki sapaan akrab Bang Uci.

Mohamad Sanusi alias Bang Uci (Twitter.com)

Sanusi yang lahir di Jakarta, 4 Juli 1970, tersebut menyelesaikan seluruh jenjang pendidikannya di Ibu Kota. Pada 1995, Bang Uci menuntaskan pendidikan jenang S1-nya di Fakultas Teknik Sipil Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN).

Advertisement

Semasa kuliah, Bang Uci tercatat aktif di pelbagai organisasi dan kegiatan kemahasiswaan. Keaktifan Sanusi ini terbukti lewat perannya sebagai Ketua Book Fair ISTN pada 1991-1992, Ketua Angkatan ’89 Mahasiswa Teknik Sipil ISTN, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil ISTN pada 1990, Ketua Senat ISTN pada 1988, dan Ketua Bidang Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Seluruh Indonesia Regional Wilayah Jabodetabek–Lampung.

Sanusi tercatat pernah menjadi Ketua Bidang Politik Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) DKI Jakarta pada tahun 2002. Ia juga dipercaya sebagai Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) DKI Jakarta sejak 2011 hingga saat ini. Ia juga pernah memegang jabatan Bendahara DPD Partai Gerindra DKI Jakarta. Jabatan ini sudah berakhir pada 2014 lalu.

Sebelum aktif di dunia politik, Mohamad Sanusi adalah pengusaha yang bergerak di bidang properti. Bang Uci pernah menjadi Komisaris PT. Citicon Medialand (2005-2007), Direktur Utama Citicon Mitra Bukti Tinggi (2006-2008), dan Direktur Utama Bumi Raya Properti (2008-2010).

Advertisement

Sanusi adalah Ketua Komisi D dan Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPRD DKI Jakarta. Selain aktif di dunia politik, alumnus ISTN tersebut juga aktif dalam kegiatan sosial, melalui lembaga yang ia dirikan pada 2010, yaitu Mohamad Sanusi Center (MSC).

Kini, Sanusi terancam dipecat pihak Gerindra, partai besutan Prabowo Subianto tersebut, apabila terbukti terlibat dalam kasus dugaan suap. Informasi yang diterima Bisnis/JIBI, penangkapan itu diduga terkait penyuapan Direktur Keuangan PT Brantas. Uang suap itu diduga diserahkan seseorang untuk Kajakti DKI melalui Aspidsus.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif