Ilustrasi tindak pidana penyuapan (Istimewa) Ilustrasi tindak pidana penyuapan (Istimewa)
Jumat, 1 April 2016 11:00 WIB Anik Sulistyawati/JIBI/Solopos/Newswire Hukum Share :

OPERASI TANGKAP TANGAN
Ini Detik-Detik KPK Tangkap 3 Orang di Hotel Terkait Suap PT BA

Operasi tangkap tangan (OTT) dilakukan KPK terhadap tiga orang dalam kasus dugaan suap PT BA sebuah BUMN.

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tiga orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) Kamis (31/3/2016).

Terkait hal ini, Ketua KPK, Agus Rahardjo memberikan penjelasan ketiga orang yang ditangkap tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka.

“Ketiga orang tersebut ditangkap di sebuah hotel di Jakarta Timur pada Kamis (31/3/2016) pagi sekitar pukul 09.00 pagi.

KPK menangkap tiga orang terkait kasus suap yang melibatkan PT Brantas Abipraya (PT BA). Penangkapan terhadap 3 orang tersebut dilakukan di sebuah hotel di Cawang, Jakarta Timur.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pengintaian dimulai sejak Rabu (30/3/2016). Tiga orang yang ditangkap adalah SWA (Direktur PT BA), DPA (Senior manager PT BA) dan MRD (pihak swasta).

Berikut kronologis penangkapan terhadap 3 orang tersebut.

Rabu 30 Maret pukul 21.00 WIB

MRD dan DPA janji bertemu di hotel di wilayah Cawang, Jaktim.

Kamis 31 Maret pukul 08.20 WIB

DPA menyerahkan uang ke MRD di toilet pria. Kemudian mereka kembali ke mobil masing-masing. Setelah itu, petugas melakukan penangkapan dan menemukan uang USD148.000 (Rp1,9 miliar) dalam berbagai pecahan yang terdiri dari 1.487 lembar pecahan 100 dolar, 1 lembar pecahan 50 dolar, 3 lembar pecahan 20 dolar, 5 lembar pecahan 1 dolar.

Agus menambahkan, penangkapan ini terkait perkara suap PT BA untuk menghentikan penyelidikan di Kejati DKI. Diduga uang ini digunakan untuk menghentikan kasus ini di tingkat penyeldikan.

“Pemberian ini diduga untuk menghentikan penyelidikan Tikpikor di PT BA di Kejati DKI,” ujar Agus di Gedung KPK, Jl. HR Rasuna Said, Jaksel, Jumat (1/4/2016).

lowongan pekerjaan
STAFF SURVEY,MARKETING,SPG,SPB, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…