Otomotif
Jumat, 1 April 2016 - 00:10 WIB

MOBIL NASIONAL : Geliat Mobnas, Mulai Pikap Sampai Mobil Tempur

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Prototipe mobil tempur berbasis mobnas Komodo. (Okezone.com)

Mobil nasional akan tampil di Indonesia International Motor Show 2016.

Solopos.com, JAKARTA – Proyek mobil nasional semakin menggeliat. Setelah Esemka, sebentar lagi muncul pula pikap murah hingga mobil tempur yang juga diproduksi oleh pabrikan otomotif lokal.

Advertisement

Pikap murah itu akan diproduksi oleh PT Super Gasindo Jaya, pemegang merek mobil nasional (mobnas) Tawon AG. Meski diklaim murah, harga pikap yang diproduksi di Kabupaten Lebak, Banten itu belum bisa diumumkan sekarang.

Ketua Bidang Komunikasi Asosiasi Industri Otomotif Nusantara, Dewa Yuniardi hanya menjelaskan mobnas pikap Tawon itu dibekali mesin baru berkapasitas 960 cc. Tenaga yang lebih besar diharapkan mampu mengatasi permasalahan pada model sebelumnya.

“Tawon akan memperkenalkan pikap 960 cc empat silinder. Artinya kelemahan pada model tahun lalu [Tawon 650 cc] yang hanya bisa mengangkut sedikit dan susah nanjak mudah-mudahan bisa teratasi,” ungkap Dewa di sela pameran Akseori Otomotif Indonesia (INAPA) di Jakarta seperti dilansir laman Detik, Kamis (31/3/2016).

Advertisement

Bukan hanya Tawon, Dewa juga menerangkan tentang PT Fin Komodo Teknologi yang tengah meracik mobil tempur antipeluru dari basis buggy car Komodo KD250 AT. Pengerjaannya saat ini dilakukan bersama TNI Angkatan Darat (AD).

Sayangnya proyek tersebut masih berstatus prototipe dan masih jauh dari fase produksi massal. Menurut Dewa, mobil seberat 600 kg yang diklaim andal di segala medan darat itu saat ini tengah menjalani pengujian ekstrem.

”Kami sedang kembangkan dan sedang masuk tahap uji coba oleh pihak militer. Tinggal pengujian dijatuhkan dari pesawat,” papar Dewa sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Otosia.

Advertisement

Ia menambahkan mobnas pikap Tawon terbaru dan prototipe Komodo KD250 AT akan dipamerkan dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 yang digelar di Kemayoran, Jakarta, 7-17 April mendatang.

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif