Tjahjo Kumolo (JIBI/Solopos/Antara) Mendagri Tjahjo Kumolo (JIBI/Solopos/Antara)
Jumat, 1 April 2016 11:25 WIB Lili Sunardi/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

KEBIJAKAN PEMERINTAH
Kemendagri Minta Pemda Pangkas 50% Perda

Kebijakan pemerintah dalam hal ini Kemendagri berharap Pemda memangkas perda.

Solopos.com, JAKARTA—Kementerian Dalam Negeri meminta seluruh pemerintah daerah memangkas 50% dari 3.226 peraturan daerah yang dianggap sebagai penghambat investasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada Juni 2016.

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, mengatakan pihaknya sudah memanggil biro hukum seluruh provinsi dan menyurati kepala daerah, untuk memangkas peraturan daerah penghambat investasi. Kementerian Dalam Negeri sendiri juga akan memangkas sejumlah Peraturan Menteri Dalam Negeri yang bermasalah.

“Kami sudah memanggil biro hukum seluruh provinsi serta menyurati bupati dan wali kota, maksimum 3 bulan ini 50% dari Permendagri yang ada akan kami potong, termasuk 3.000 an Perda,” katanya melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Tjahjo menuturkan daerah tidak harus memiliki aturan yang sama dengan daerah lain. Pasalnya, Indonesia memiliki daerah istimewa dan khusus, seperti Aceh, Jakarta, Yogyakarta, dan Papua.

Meski demikian seluruh daerah harus memiliki standar yang sama dalam menerbitkan peraturan daerah, yakni tidak menghambat investasi, birokrasi, dan perizinan, serta bertentangan dengan aturan di atasnya.

Tjahjo mencontohkan izin prinsip, izin mendirikan bangunan, dan izin gangguan atau hinderordonnantie (HO) menjadi yang paling banyak dikeluhkan oleh investor. Padahal, izin HO tersebut merupakan peninggalan Kolonial Belanda.

“Kalau sebelumnya proses perizinan bisa memakan waktu seminggu, sekarang harus selesai dalam hitungan jam,” ujarnya.

Dia juga mengatakan saat ini masih banyak aturan yang tidak sinkron di antara kementerian, dan peraturan daerah yang bertentangan dengan aturan di atasnya.

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komunisme dan Logika Kita

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (23/9/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, seorang editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Mungkin kita pernah membaca pernyataan bahwa adanya kemiskinan dan ketimpangan ekonomi…