News
Jumat, 1 April 2016 - 19:33 WIB

KATEBELECE PEJABAT : Jokowi Gerah Heboh Surat Kolega Menteri PAN-RB

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Johan Budi di kampus UM Surabaya, Senin (30/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Bima)

Katebelece pejabat kembali jadi geger. Jokowi merasa gerah dengan kasus surat dari Kementerian PAN-RB itu.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan “gerah” dengan kasus “surat kolega” yang dilakukan oleh oknum pejabat di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Advertisement

Juru Bicara Istana Kepresidenan, Johan Budi, mengungkapkan Presiden telah mendapat informasi mengenai adanya surat dari Sekjen Kementerian PAN-RB kepada Sekjen Kementerian Luar Negeri mengenai pemberian fasilitas untuk kolega Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi.

“Presiden sudah mendapat laporan soal surat itu. Tentu itu tidak elok. Kalau benar, itu bertabrakan dengan etika dan semangat mereform birokrasi yang selalu digaungkan oleh Presiden, sangat bertabrakan selama ini dijalankan oleh Presiden,” kata Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (1/4/2016).

Namun, lanjutnya, surat itu masih perlu diklarifikasi dan dicari tahu apakah surat tersebut merupakan perintah dari Yuddy Chrisnandi. Atau, bisa juga ada staf yang bertindak tanpa sepengetahuan Menteri PAN-RB.

Advertisement

Adapun, Johan Budi menyatakan belum mendapat informasi apakah Yuddy akan dipanggil ke Istana untuk memberikan klarifikasi langsung kepada Presiden Jokowi terkait surat tersebut.

Sebelumnya, publik sempat geger dengan surat yang berkop Kementerian PANRB dan dengan tanda tangan Sekjen Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji. Surat itu berisi permintaan fasilitas dari Konsulat Jendral RI di Sydney kepada Wahyu Dewanto Suripman yang akan berkunjung ke Australia (Sydney dan Gold Coast).

Dalam surat itu, Wahyu Dewanto diinformasikan membawa serta lima anggota keluarganya. Berikutnya, muncul klarifikasi dari Kementerian PANRB yang menyebutkan bahwa Menteri Yuddy tidak tahu menahu mengenai surat tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif